PEMANFAATAN BUAH SALAK (Salacca Zalacca) SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN BIOETANOL

Handy Rifaldin, Maritha Nilam Kusuma

Abstract


Bioetanol merupakan energy alterntif sebagai pengganti bahan bakar fosil. Karena kita ketahui pemakaian bahan bakar dari tahun ke tahun semakin meningkat. Sedangkan sumber energy bahan bakar yang dipakai menipis, buah salak (Salacca zalacca) merupakan tanaman buah asli dari Indonesia. Buah ini tumbuh subur di daerah tropis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memanfaatkan buah salak sebagai bahan baku pembuatan bioetanol, mulai dari kandungan glukosa buah salak, kandungan etanol, pengaruh suhu dan pH dan kesesuaian kandungan bioetanol yang dihasilkan dengan kriteria campuran bahan bakar fosil. Penelitian ini menggunakan variasi penambahan berat ragi roti (Saccaromyches Cerevisiae.) Proses fermentasi dilakukan selama 7 hari dengan pengecekan rutin parameter ,suhu dan pH setiap harinya Reaktor yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 (enam) reaktor fermentasi dengan penambahan ragi yang sama sebesar 30g; 37,5g; 45g; 52,5g; 60g; dan 67,5g. Kandungan glukosa dalam Buah salak sebesar 4,45%. Kadar etanol sebesar 61 – 99,7%. Suhu fermentasi yang baik untuk pembentukan bakteri Saccaromyches Cerevisiae dalam melakukan proses fermentase yaitu 300C – 340C dan pH optimum untuk pertumbuhan bakteri sebesar 3,5 - 5. Bioethanol yang tertinggi dihasilkan dengan bahan buah salak dengan penambahan ragi 67,5 gram sebesar 99,7%.

Keywords


Bioetanol , Buah Salak, Distilasi, Fermentasi, Ragi

Full Text:

PDF

References


Hartanto, R., Raharjo, B dan Suhardi. 2000. “Model Perubahan Gula Buah Salak Pondoh (Salacca edulis REINW cultivar Pondoh) Pada Kondisi Atmosfer Termodifikasi”. Agritech Vol 20 (1). Halaman 10-13.

Jeffries, T.W., I.V. Grigoriev, J. Grimwood, J.M. Laplaza and A. Aerts, 2007. “Genome sequence of the lignocelluloses-bioconverting and xylosefermenting yeast Pichia stipites”. Nat. Biotechol.,25: 319-326.DOI:10.1038/nbt1290.

Putra, E., Agustinus dan Amran .2009. “Pembuatan Bioetanol Dari Nira Siwalan Secarak.”

Sudarmadji, slamet dkk. 1982.”Bahan- Bahan Pemanis.” Yogyakarta: AGRITECH Fakultas Tekhnologi Pertanian UGM

Suprihatin. 2010.” Teknologi Fermentasi.” Surabaya: UNESA Pres

Triwahyuni, E., Muryanto., Yani S., and Haznan, A. 2015. “The effect of substrate loading on simultaneous saccharification and fermentation process for bioethanol production from oil palm empty fruit bunches”. Energy Procedia 68 (2015) 138 – 145.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.