DESAIN MEJA BERMAIN UNTUK SISWA TK (TAMAN KANAK – KANAK) DI SURABAYA

David Aditia, Ratna Puspitasari

Abstract


Meja digunakan untuk siswa TK yaitu meja mainan dengan desain modern. Meja ini merupakan meja yang memiliki fungsi tambahan untuk penyimanan mainan, yang digunakan siswa di sekolah taman kanak – kanak. Meja ini di desain khusus agar anak belajar merapika mainan dengan rapi. Penelitian ini mencoba memecahkan permasalahan tersebut dengan mengembangkan desain awal yang hanya digunakan sebagai meja pada umumnya. Penelitian ini menggunakan metode mix methods yaitu kualitatif dan kuantitatif, serta menggunakan alat analisis desain. Studi kasus di TK Dharma Bhakti dan TK Al Ikhlas Surabaya. Peneliti mwlakukan analisis desain diantaranya : analisis sitem, analisis, material, analisis bentuk, analisis warna, analisis layout, analisis finishing, analisis kebutuhan, serta antopometri dan ergonomi. Konsep desain yang diterapkan pada desain meja adalah konsep modern. Hasil akhir pada penelitian ini adalah desain awal meja bermain untuk anak TK.

Keywords


desain, meja, bermain, siswa TK

Full Text:

PDF

References


Kurniati, Euis. (2011). “Program bimbingan untuk mengembangkan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional” [Online]. Available : http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197706112001122-

Anonim. (2019). Seni Kriya: “Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis, dan Contohnya”. [Online]. Available : https://www.maxmanroe.com/vid/umum/seni-kriya.html, diakses pada pukul 14.15 WIB.

Jagakarya. (2014). “Pengertian Furniture” [Online]. Available : https://jagrakarya.com/2014/12/28/pengertian- furniture/, diakses pada pukul 14.20 WIB.

Sudiajeng,Lilik. (2004). Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan, Kerja, dan Produktivitas. Surakarta : Uniba Press.

Kristanto,Agung. (2011). “Perancangan Meja dan Kursi Kerja yang Ergonomis Pada Stasiun Kerja Pemotongan Sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas”. [Online]. Available : Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol. 10 no. 2 ISSN 1412 – 6869. diakses 17.45 WIB.

Moeslichatoen. (2014) Metode Pengajran di Taman kanak-kanak. Jakarta : Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.