DESAIN MEJA DAN KURSI WORKSHOP PORTABEL UNTUK KOMUNITAS RAJUT DI SURABAYA (STUDI KASUS : KOMUNITAS RAJUT LE.TRICOTEUR DI SURABAYA)

Annisa Syifa Fauzia, Christin Mardiana

Abstract


Workshop komunitas rajut membutuhkan perhatian lebih untuk masalah penataan kebutuhan yang dibutuhkan saat beraktivitas merajut. Peralatan yang sering hilang dan berantakan membuat aktivitas workshop merajut terganggu. Workshop komunitas rajut membutuhkan perhatian lebih untuk masalah penataan kebutuhan yang dibutuhkan saat beraktivitas merajut. Peralatan yang sering hilang dan berantakan membuat aktivitas workshop merajut terganggu. Tujuan serta manfaat penelitian ini adalah mendesain meja dan kursi workshop rajut agar lebih tertata dengan desain yang dapat memenuhi kebutuhan saat beraktivitas merajut dan menjadi sarana komunitas. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan melakukan wawancara, kuisioner dan observasi dengan founder, anggota dan peserta yang berada di lokasi workshop. Melalui analisis aktivitas, analisis kebutuhan alat, analisis kebutuhan ruang, analisis ergonomi dan antropometri, analisis material, analisis penempatan, analisis bentuk, analisis warna dan analisis sistem didapatkan atau dihasilkan sebuah konsep desain modern minimalis dengan konsep ini dapat memberikan manfaat sebagai sarana workshop yang lebih baik. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sintesa desain meja dan kursi portabel untuk workshop rajut yang memudahkan dalam aktivitas merajut.

Keywords


Kursi, meja, rajut, workshop

Full Text:

PDF

References


Anwar, Mubasyir dan Agung Kristanto. (2011). “Perancangan Meja dan Kursi yang Ergonomis pada Proses Pembuatan Gelang Rajut untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja”, Vol.7, No.10, hal.1-40.

Aryanto, Yunus, (2012), 173 Meja & Kursi, Griya Kreasi (Penebar Swadaya Grup), Depok.

Malik, Kendall, (2016), Kapita Slekta Desain (Suatu Pengantar dalam Perkembangan dan Pengaruh Desain), LPPMPP ISI Padangpanjang, Padang Panjang.

Sintawati, Esin. Prahastutui, Endang. dan Kusumawardani, Hapsari. (2018). “Pelatihan Keterampilan Merajut pada Kelompok Pkk Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang” Vol.1 No.1, hal.1-5.

Waluya, Bagja, (2007), Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat untuk kelas XI Sekolah Menengah Atas/Madarasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial, PT. Setia Purnama Inves, Bandung.

https://artikbbi.com/portabel/> (diakses 23/7/2019 pukul 13:09)

N. Putra dan Hemdarman, “Metode Riset Campur Sari: Konsep, Strategi, dan Aplikasi," Penelitian Kulitatif dan Kuantitatif” Jakarta: Indeks, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.