DESAIN SET PERALATAN MEMBATIK UNTUK UKM

Mochammad Irfan Ardiansyah, Choirul Anam

Abstract


Desain set peralatan membatik merupakan peralatan utama yang digunakan untuk membatik. Batik merupakan warisan nenek moyang yang sepatutnya harus dilestarikan. Maka sebagai penerus bangsa, kitadiharapkan untuk meneruskan kebudayaan membatik, khusus nya batik tulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan pembatik maupun pemula yang ingin belajar untuk membatik, serta mempermudah pengguna dalam membawa peralatan membatik nantinya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode campuran atau yang sering disebut mix methods yaitu menggunakan kualitatif yang berdasarkan pada wawancara, literature, studi kasus dan observasi serta kuantitatif yang berdasarkan pada data perhitungan kuisioner. Penelitian ini melakukan observasi di UKM batik Cak Marlin. Perancangan pada penelitian ini membutuhkan beberapa tahap yaitu dengan mengetahui kebutuhan pengguna yaitu dengan melakukan analisis kebutuhan dan mengetahui permasalahan yang sering dihadapi pada saat membatik. Tahapan analisis berupa analisis kebutuhan, analisis warna, analisis bentuk, analisis ikon, analisis material, analisis sistem, serta analisis ergonomi dan antropometri. Hasil dari penelitian ini adalah desain baru pada set peralatan membatik.

Keywords


Set peralatan, membatik, modular, ukm, budaya

Full Text:

PDF

References


Maxmanroe, “pengertian batik: definisi, ciri-ciri, dan jenis-jenis batik”[Online]. Available: https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-batik.html. [Accessed: 26-August-2019].

Laksmi Kusuma Wardani, “Evaluasi Ergonomi Dalam Perancangan Desain”. Vol 1 no 1, 2003. [Accessed: 18-Mar-2019].

KBBI, “Set, Peralatan” [Online]. Available: http://kamusbahasaindonesia.org/massal.php [Accessed: 08-Apr-2019].

Suroso, Agung. 2010. Keunikan Teknik Batik Kayu. Klaten: Saka Mitra Kompetensi. Max.

Sumberpengertian.id, “pengertian usaha kecil menengah (ukm) serta klasifikasi dan kriterianya.”[Online]. Available: http://www.sumberpengertian.id/pengertian-ukm. [Accessed: 24-Mar-2019].

Maxmanroe, “pengertian budaya: arti, unsur-unsur, wujud, dan faktor-faktor budaya.”[Online]. Available: https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-budaya.html. [Accessed: 08-Apr-2018].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.