PEMANFAATAN LIMBAH PAPER TUBE UNTUK FURNITURE TPQ (Studi Kasus TPQ Al-Hikmah)

Muchammad Rif’an Hakiki, Choirul Anam

Abstract


Paper tube sering dijumpai pada perusahaan yang bergerak dibidang digital printing, dimana fungsinya paper tube ini adalah salah satu bahan yang digunakan untuk menggulung vynil. Penelitian ini menjadi penting karena limbah paper tube yang selama ini hanya dibuang perlu dimanfatkan kembali menjadi produk yang memiliki manfaat dan nilai jual.Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen, mulai dari eksperimen pengukuran diameter,, panjang, serta tebal paper tube. Pemotongan dilakukan dengan menggunakan gergaji, gergaji besi, dan gerinda, Eksperimen Penggabungan dilakukan dengan menggunakan lem putih, takikan menyudut, bibir menyudut berkait, dan penggabungan purus. Dari semua proses dilakukan oleh peneliti secara terukur, terencana, dan terdokumentasi. Konsep furniture yang digunakan adalah adalah sebagai meja, dan rak untuk TPQ.

Keywords


Pemanfaatan, Paper tube, Furniture

Full Text:

PDF

References


Ryan Leonel, W. G. (2008). OPTIMALISASI PRODUKSI PAPER TUBE. 05_Wikaria, 44.

Masyithoh. (2016). PENELITIAN_EKSPERIMEN. PENELITIAN EKSPERIMEN, 1.

Zacky. (2019, July 11). Zona Referensi.com. Retrieved Agustus 14, 2019, from Zona Referensi llmu Pengetahuan Umum: https://www.zonareferensi.com/pengertian-limbah/.

Yordanius. (2013). Kajian Material dan Motif Ragam Hias Pada kursi tamu : Studi Kasus "CV. Jepara Lestari Furniture Art di Sanggau Ledo, Kalimantan Barat". s_psr_0809503_chapter1 , 1.

Singorejo, I. (2018, September 26). Pontren.com. Retrieved Agustus 12, 2019, from PENGERTIAN TPQ TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN: https://pontren.com/2018/09/25/pengertian-tpq-taman-pendidikan-al-quran/.

Sugiyono(2015). METODE PENELITIAN TINDAKAN (ACTION RESEARCH), 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.