DESAIN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERTEMA REOG PONOROGO UNTUK ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Wildan Budi Prasetyo, Mochamad Junaidi Hidayat

Abstract


Reog merupakan kesenian asli dari Ponorogo yang keberadaannya menjadi perhatian bagi masyarakat untukdilestarikan. Sebagai generasi penerus bangsa, anak usia dini menjadi generasi masa depan yang akan meneruskan kebudayaan tersebut.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengenalkan kesenian Reog Ponorogo kepada anak taman kanak – kanak melalui Alat Permainan Edukatif yang bersifat menyenangkan sehingga mudah diterima bagi mereka.Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan secara deskriptif menggunakan teori analisa budaya dari Guy Julier yang disebut The Culture of Design, dan melakukan observasi di TK Dharma Wanita Josari untuk mengetahui metode bermain dan APE yang tepat. Hasil dari analisis budaya diketahui bahwa pengenalan Reog untuk anak Taman Kanak-kanak memerlukan metode dan APE yang tepat agar penyampaian informasi dan nilai kebudayaan dapat diterima dengan baik. Sementara itu hasil wawancara kepada kepala sekolah TK Dharma Wanita Josari menyatakan bahwa metode pengenalan kesenian Reog dapat dilakukan melalui kegiatan bermain peran menggunakan APE boneka tangan. Output dari penelitian ini adalah desain baru APE boneka tangan bertema Reog Ponorogo.

Keywords


APE, Kesenian, Reog Ponorogo, Taman kanak-kanak

Full Text:

PDF

References


Data Referensi Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, “Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) Anak Usia Dini Per Kec.Ponorogo.” [Online]. Available: http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php?kode=051117&level=3. [Accessed: 10-Aug-2019].

F. Nurmalitasari, “Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah”, Buletin Psikologi, vol. 23, no. 2, Dec 2015. [Online]. Available:https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/download/10567/7946. [Accessed: 10-Aug-2019].

Soemarto, Menelusuri Perjalanan Reyog Ponorogo. 1 edition, p. 41-53, Cv. Kotareogmedia, 2014.

Soemarto, Menelusuri Perjalanan Reyog Ponorogo. 1 edition, p. 3, Cv. Kotareogmedia, 2014.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia,Pedoman Sarana Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pembinaan Anak Usia Dini, 2013.

M. Junaidi Hidayat, “Kajian Desain Alat Peraga Pendidikan Untuk Siswa Playgroup”, in Proc. Kajian Budaya Visual, pp. 77-78, Aug 25, 2008.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 27 tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah. [Online]. Available: www.bphn.go.id/data/documents/90pp027. [Accessed: 10-Aug-2019].

G. Julier, “The Culture of Design”. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/259044072_Parresia_between_principles_and_practices_of_design. [Accessed: 10-Aug-2019].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.