DESAIN SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERWAWASAN LINGKUNGAN DI MAGETAN JAWA TIMUR

Chelsea Pricilia Sari, Wiwik Widyo Widjajanti, Siti Azizah

Abstract


Sekolah alam mampu meningkatkan kebutuhan pendidikan di wilayah Magetan dengan metode kurikulum berbasis alam. Sehingga dapat menumbuhkan rasa peduli, rasa kebersamaan, dan ilmu keterampilan yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Menggunakan media diluar bangunan sabagai arena belajar dan berinteraksi. Menciptakan sarana edukasi yang dapat mewadahi kreatifitas anak-anak dengan menggabungan kurikulum formal dan  alam. Dengan tema “Arsitektur Berwawasan Lingkungan” yang ditujukkan untuk mengoptimalkan dengan cara pemahaman pola pikir manusia yang terbaik. Konsep makro yang diterapkan “Learn With Nature” Konsep tersebut menggambarkan bagaimana anak-anak dapat belajar dari alam, dengan alam, dan untuk alam. Mikro konsep tatanan lahan “Rekreatif” dengan pola penataan alur bangunan yang disusun sesuai dengan aktifitas pengguna sekolah. Pada sirkulasi pejalan kaki dibuat untuk berjalan-jalan tanpa terasa lelah dengan tanaman yang berbeda-beda. Mikro konsep bentuk “Eco Building” bentuk bangunan menggunakan aspek organik dengan bentuk dasar segi enam guna memberikan keamanan dan kenyamanan pengguna. Material pada bangunan menggunakan material alami seperti kayu, batu kali, dan batu bata. Mikro konsep ruang “Simplycity” dengan penggunaan ornamen yang tidak berlebihan, serta pemilihan bentuk perabot yang disesuaikan dengan material alami. Terdapat bukaan yang berhadapan sehingga ruangan tidak terasa panas. Hasil Rancangan sekolah alam diharapkan mampu mengembangkan kecerdasan dan potensi anak-anak. Dengan sistem pembelajaran yang menyenangkan dan menggunakan media alam. Menggunakan material lokal untuk melestarikan bahan material alami.

Keywords


Sekolah Alam, Arsitektur Berwawasan Lingkungan, Rekreatif, Eco Building

Full Text:

PDF

References


Frick. H, Arsitektur dan Lingkungan, Kanisius, Yogyakarta, 1996.

Sidharta, Dampak Permukiman Terhadap Lingkungan Hidup Semarang, 1981.

Sutomo. Ayoe, Sekolah Untuk Anakku, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2018.

Endrasari BI. Widjajanti WW. Azizah S, Desain Wisata Edukasi Berwawasan Lingkungan di Surabaya, Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan V, 2017.

Azizah. S, Pengembangan Pusat Kuliner di Pusat Kota Ditinjau dari Aspek Desain Bangunan, Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.