PERENCANAAN DAN PERANCANGAN STASIUN KERETA API DI JEMBER, JAWA TIMUR ARSITEKTUR SIMBOLISME

Muhamat Muhlis, Amir Mukmin Rachim, Failasuf Herman Hendra

Abstract


Perencanaan dan perancangan stasiun kereta api berada di jalan wijaya kusuma di kota Jember. Pembangunan stasiun baru ini merupakan proses pengembangan dari stasiun yang lama dengan kapasitas yang lebih kecil. Dari hal tersebut muncul sebuah permasalahan bagaimana menciptakan sebuah ruang yang sesuai dengan fungsi dan memenuhi kapasitas. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif yang searah dengan rumusan masalah serta pertanyaan penelitian / identifikasi masalah penelitian, dan studi kasus yang menghasilkan kumpulan data primer seperti hasil wawancara, survei, kuisioner, serta observasi. Sedangkan data sekunder seperti pencarian data secara manual dan online. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan solusi dari permasalahan yang teridentifikasi selama penelitian berlangsung. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah desain rancangan yang sesuai dengan kebutuhan. Kemudian manfaat dari penelitian yang dilakukan ialah mengetahui permasalahan yang terjadi pada stasiun kereta api di jember, dan akhirnya dapat memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi. Selain itu manfaat dari penelitian ini dapat menjadi acuan dalam membuat desain rancangan.

Keywords


Stasiun Kereta Api, deskriptif kualitatif, Metafora, Executive Class, Linear, Jember

Full Text:

PDF

References


Laksito, Boedhi. 2014. Metode Perencanaan & Perancangan Arsitektur. Jakarta : Griya Kreasi (Penebar Swadaya Group).

O’Connel, Mark., And Raje Airley. 2013. The Illustrated Sourcebook of Sign & Symbol : Lorenz Books.

Sitti, Nur. 2011. Tema Arsitektur Simbolisme : http://sittinur.blogspot.com/2011/11/tema-arsitektur-simbolisme.html (Di akses pada 26/08/2019, 23:05).

Archdaily. 2014. Sderot Train Station : https://www.archdaily.com/567927/sderot-train-station-mann-shinar-architects (Di akses pada 20/10/2018, 21:18).

Archdaily. 2013. Central Station Salzburg : https://www.archdaily.com/444023/central-station-salzburg-kadawittfeld-architektur (Di akses pada 21/10/2018, 09:30).

Perda Kabupaten Jember Nomor 1 Tahun 2015 : Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten jember Tahun 2015 – 2035.

Keputusan Direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Nomor KEP.U/LL/006/II/1/KA-2016 : Standardisasi Kelengkapan Informasi Dan Fasilitas Pelayanan Di Atas KA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.