ANALISIS WASTE MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS PADA PEMBANGUNAN RUMAH MEWAH (BUKIT GOLF SURABAYA)

Muhammad Bilal Abdulrahman, Felicia Tria Nuciferani

Abstract


Waste didefinisikan semua kegiatan yang membutuhkan biaya langsung atau tidak langsung dan penggunaan sumber daya fisik dan non-fisik, tetapi tidak menambah nilai pada suatu produk. Penelitian yang berpusat di Bukit Golf Surabaya yang dibagi menjadi consumable waste yaitu material yang pada akhirnya akan menjadi bagian dari struktur fisik bangunan serta non-consumable material yaitu material yang digunakan sebagai penunjang dalam proses konstruksi. Tujuan penelitian mengidentifikasi item penyebab waste dan mengetahui faktor pekerjaan (desain) khususnya pekerjaan struktur. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, metode purposive sampling. Maka diperoleh data Fault Tree Analysis. Dengan hasil penelitian menunjukkan penyebab waste terbesar pada desain adalah pendetailan gambar dokumen kontrak yang diakibatkan oleh Redesain, pemahaman berbeda owner dan kontrakor,dan gambar kurang bisa dipahami.

Keywords


Pekerjaan struktur, waste, FTA

Full Text:

PDF

References


Anastasia, M. 2018 Kajian Identifikasi Penyebab Construction Waste pada Kontraktor Di Daerah Yogyakarta dan Kupang. Bandung. ITB.

Priyanta, D. 2000. Keandalan dan Perawatan. Surabaya. Institut Teknologi Surabaya.

Bramantya. 2018. Analisis Faktor Penyebab dan Mitigasi Waste pada Proyek Konstruksi Gedung di Kota Surabaya. Thesis tidak diterbitkan. Surabaya. ITS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.