ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TRANSPORTASI UMUM “SUROBOYO BUS” RUTE HALTE RAJAWALI – TERMINAL PURABAYA DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Rizky Ade Firmansyah, Kurnia Hadi Putra

Abstract


Semakin bertambahnya penduduk kota Surabaya membuat jalanan di kota semakin padat. Hal ini tidak dibarengi dengan kondisi transportasi umum yang layak. Pada tanggal 7 april 2018, pemerintah Surabaya meluncurkan transpotasi baru yang diberi nama “Suroboyo Bus” dengan adanya transportasi ini diharap masyarakat mau beralih menggunakan transportasi umum. “Suroboyo Bus” sendiri menggunakan sistem pembayaran yang berbeda dari transportasi yang lain, yaitu dengan menggunakan botol plastik sebagai alat pembayaran. Penelitian yang berjudul “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Suroboyo Bus” memiliki rumusan masalah bagaimana karakteristik dan tingkat kepuasan pengguna “Suroboyo Bus”. Untuk tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik dan kepuasan pengguna “Suroboyo Bus”. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode importance performance analysis (IPA). Data – data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan membagikan kuisoner sedangkan data sekunder adalah peta trayek dari “Suroboyo Bus”. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan karakteristik penggguna “Suroboyo Bus” adalah : berdasarkan jenis kelamin yang lebih dominan adalah perempuan, dari pekerjaan yang lebih dominan sebagai pegawai swasta, dari penghasilan yang dominan belum berpenghasilan, dari maksud dan tujuan digunakan sebagai wisata, dari sifat perjalanan adalah bersama keluarga, dari intesitas perjalanan adalah kadang-kadang, dan dari alasan menggunaknya karena murah. Sedangkan kesimpulan dari tingkat kepuasan pengguna adalah : berdasarkan analisis kuadran terdapat 6 komponen yang perlu ditingkatkan, yaitu : tempat duduk, tempat menuggu bus/halte bus, proses pembayaran yang mudah, ketepatan waktu keberangkatan, kepastian keberangkatan armada, jaminan asuransi bila ada kecelakaan.

Full Text:

PDF

References


Fathoni, Nurhudha.2011. Analisis Kelayakan Angkutan Umum Jurusan Baturetno-Yogyakarta Dari Sisi Pengguna. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Marnita, Anita.2015. Analisa Kepuasan Atas Kualitas Pelayanan Angkutan Umum Bus Damri Di Kota Bandung (Studi Pada Trayek Leuwipanjang – Dipatiukur Non AC.Dimensi , Vol 2. No 2

Afandi, Nur Azizah.2013. Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Trayek Lyn Merah Jurusan Sukodadi-Paciran Kabupaten Lamongan Berdasarkan Kepuasan Pelayanan.Dimensi Vol 5. No 2

Idris, Zilhardi.2009. Kajian “Tingkat Kepuasan” Pengguna Angkutan Umum Di DIY. Dimensi Vol 9. No 2

John, Yusuf, Maria.2017. Perpindahan Moda Angkutan Umum Ke Angkutan Pribadi Di Kota Kupang. Dimensi Vol 6. No 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur