EVALUASI INSTALASI PENGOLAHAN AIR MINUM DI PT HANARIDA TIRTA BIRAWA UNIT IPA 1 DAN IPA 2

Rahmatdani Rizqiain, Ro'du Dhuha Afrianisa

Abstract


PT. Hanarida Tirta Birawa menjalankan usahanya di bidang instalasi pengolahan air minum, jaringan transmisi dan distribusi, serta peningkatan perusahaan daerah air minum. Untuk memasok air pada PDAM Delta Tirta Sidoarjo dengan kapasitas 500 liter/det. Keberhasilan suatu sistem Instalasi Pengolahan Air dapat dilihat dari 3 faktor yang harus diperhatikan, ialah kualitas, kuantitas, serta kontinuitas air yang diproduksi. Oleh karena itu supaya instalasi pengolahan tetap bisa berjalan secara maksimal, oleh karena itu diperlukan adanya evaluasi terhadap instalasi pengolahan air minum. Ini dilakukan bertujuan untuk : 1) Mengukur setra mengetahui peforma masing-masing unit Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) pada PT. Hanarida Tirta Birawa. 2) Membandingkan mutu kualitas air hasil produksi yang dihasilkan oleh instalasi pengolahan air pada PT. Hanarida Tirta Birawa dengan standar PERMENKES No.492 2010. 3) Menganalisa serta  mengevaluasi kegiatan yang dilakukan di PT. Hanarida Tirta Birawa pada kegiatan pengolahan air. Evaluasi ini dilakukan dengan pemantauan lapangan, interviu pihak terkait, studi literatur terkait IPAM dan praktik lapangan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini didapat hasil Kinerja dari unit-unit operasi telah berjalan secara optimal tetapi hanya beberapa unit yang kurang optimal, yaitu pada unit Koagulasi, Sedimentasi, Filtrasi dan unit Chlorinasi. Sedangkan untuk kualitas air hasil produksi PT. Hanarida Tirta Birawa masih sesuai dengan standar Permenkes No 492 tahun 2010. Berdasarkan hasil evaluasi secara keseluruhan instalasi pengolahan air minum di PT. Hanarida Tirta Birawa sudah dapat mengolah air dengan baik sehingga air yang diolah dapat memenuhi standar baku mutu air minum.


Full Text:

PDF

References


Achmad Chamdan, Alfan Purnomo. 2013. Kajian Kinerja Teknis Proses Dan Operasi Unit Koagulasi-Flokulasi-Sedimentasi Pada Instalasi Pengolahan Air (Ipa) Kedunguling Pdam Sidoarjo. Institut Teknologi Sepuluh November.

Badan Standarisasi Nasional. 2008. SNI 6774-2008. Tentang Tata Cara Perencanaan Unit Paket Instalasi Pengolahan Air. Badan Standarisasi Nasinonal : Jakarta.

Burhan, N., Nagu, N., & Anwar, C. (2017). Tinjauan Instalasi Pengolahan Air Bersih PDAM . Jurnal Sipil Sains, 07(14), 13-22.

Eid. M. Akbar, 2006, Operasional Pada Intalasi Pengolahan Air Minum PT. Hanarida Tirta Biwara Tawangsari Sidoarjo, Laporan Kerja Praktek. Juruasan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Pasundan, Bandung.

Linsley. 1989. Hidrologi Untuk Insinyur, Jakarta: Erlangga

Menkes RI. 2010. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492 Tahun 2010. Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Petunjuk Operasional Dan Perawatan Water Plant Di Kabupaten Sidoarjo Desa Tawangsari, PT. Hanarida Tirta Birawa, 2005.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2001 Pengelolahan Kualitas Air Dan Pengendalian Pencemaran Air.

Qasim, S.R., Motley & Zhu G., 2000. Water Works Engineering: Planning, Design and Operation. London: Prentice Hall.

Vita Anastasia R, Rany Reviyana, 2007, Sistem Kerja Dan Proses Pada IPAM PT. Hanarida Tirta Birawa Dan PT. Taman Tirta Sidoarjo. Laporan Kerja Praktek.Jurusan Teknik Lingkungan, Teknik Sipil Dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.