PEMANFAATAN MINYAK JELANTAH HASIL PEMURNIAN ARANG KAYU MENJADI SABUN CUCI PADAT

Maritha Nilam Kusuma, Ro'du Dhuha Afrianisa

Abstract


Minyak jelantah memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam linolinat. Kandungan ini masuk ke dalam trigliserida yang dapat digunakan sebagai bahan baku alternatif pembuatan sabun padat menggantikan asam lemak bebas jenuh yang merupakan produk samping proses pengolahan minyak goreng. Sabun mandi merupakan senyawa natrium atau kalium dengan asam lemak dari minyak nabati atau lemak hewani berbentuk padat, lunak atau cair, dan berbusa yang digunakan sebagai pembersih. Sabun dihasilkan oleh proses saponifikasi, yaitu hidrolisis lemak menjadi asam lemak dan gliserol dalam kondisi basa. Metode pada penelitian ini adalah dengan memurnikan minyak jelantah menggunakan karbon aktif kemudian direaksikan dengan NaOH. Hasil yang diperoleh dari sabun adalah stabilisasi busa 3-3,5cm, warna coklat, tekstur dan bentuk sabun padat serta kasar.


Keywords


arang kayu; minyak jelantah; sabun; batang

Full Text:

PDF

References


Ketaren. S, Minyak dan Lemak Pangan, Penerbit UI Press, Jakarta, 2005.

Tamrin, Adsorbsi Minyak Goreng Bekas menggunakan Arang Aktif dari Sabut Kelapa, Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia Yogyakarta, 2013.

Salman, F.,F. dan Sunjoto, Analisis Penyelesaian Permasalahan Tumpahan Minyak Pada Lingkungan Perairan Sungai Di Sekitar Site Pt Pertamina Hulu Energi Siak,Skripsi Jurusan Teknik Sipil Unoversitas Gajah Mada: Yogyakarta, 2016.

Agus,S. A., Didik, I., Nida., Gloria, I.P. Pembuatan sabun dari limbah munyak jelantah sawit dan ekstakki daun serai dengan metode pendidihan. Jurnal Ilmiah Teknik Kimia UNPAM, vol. 1 No. 1. Januari, 2017.

Yustinah, & Hartini, Adsorbsi Minyak Goreng Bekas Menggunakan Arang Aktif dari Sabut Kelapa. Pengembangan Teknologi Kimia Untuk Pengolahan Sumber Daya Alam Indonesia, B051-B05-5. 2011.

Swern, D., Baileys Industrial Oil and Fat Products. Volume I. Fourth Edition. John Wiley and Sons. NewYork. Hal. 283, 311, 1979.

Widiyanti, Y. 2009. Kajian pengaruh jenis minyak terhadap mutu sabun transparan. Skripsi Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.