DESAIN MEJA BARISTA UKM TEKO KOPI SURABAYA

Febrianto Nur Taufik, Faza Wahmuda

Abstract


Pada era globalisasi yang terjadi saat ini perkembangan bisnis menimbulkan persaingan yang ketat. Hal ini membuat para pelaku usaha harus bertindak dengan cepat dan tepat dalam menentukan dan menerapkan strategi kompetitif. Salah satu caranya ialah dengan meningkatkan kepuasan pelanggan untuk keberlangsungan bisnis. Hal ini pun tidak terkecuali dalam usaha makanan dan minuman yang dimulai dari skala kecil sampai dengan skala besar. Pada saat ini kedai kopi sedang berkembang di berbagai tempat di Indonesia, mulai dari desa hingga perkotaan. Hal ini dikarenakan berkembangnya tren minum kopi di kedai kopi. Minum kopi kini tidak hanya identik dengan kegiatan yang dilakukan oleh orang tua, namun telah menjadi sebuah gaya hidup bagi anak muda dan sebagai sarana menunjukkan eksistensi mereka. Dengan berbagai macam alat yang diperlukan, sebuah kedai kopi harus dapat memaksimalkan tempat dan ruang agar proses pembuatan kopi dapat maksimal dan tidak membuat pelanggan menunggu terlalu lama sehingga dapat menurunkan kepuasan pelanggan. Namun pada Usaha Kecil Menengah Teko Kopi Surabaya masih menggunakan meja dengan ruang seadanya sehingga dapat membuat ruang gerak dari Barista terbatas dan mengakibatkan proses penyeduhan kopi memakan waktu yang lebih lama dari seharusnya. Dengan mendesain meja khusus Barista agar memiliki area kerja yang cukup pada saat menyeduh kopi dengan penempatan alat-alat penyeduhan yang tertata pada meja.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kualtitatif dan kuantitatif. Untuk mendapatkan data kebutuhan dengan menggunakan observasi dan survey sebagai metode pengumpulan data seperti wawancara dan studi kasus terhadap orang-orang yang menekuni bidang Barista pada UKM Kedai Kopi. Tahap analisis meliputi Analisis Kebutuhan Kerja, Analisis Kebutuhan Penyimpanan, Analisis Dimensi Penyimpanan, Analisis Dimensi Produk, Analisis Penempatan dan Penyimpanan Peralatan, Analisis Material, Analisis Finishing, Analisis Sistem, Analisis Gaya Desain. Kemudian didapatkan hasil sintesa desain, konsep desain, tiga desain alternatif, dan ditutup dengan kesimpulan dan saran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan untuk membuat Desain Meja Barista UKM Teko Kopi Surabaya, dapat ditarik kesimpulan bahwa meja barista yang yang saat ini digunakan pada Teko Kopi Surabaya membuat proses pembuatan menu kopi dan non-kopi lebih lama dari seharusnya karena penempatan peralatan kopi yang berantakan. Sehingga Desain Meja Barista Teko Kopi Surabaya yang akan dibuat ini diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat dan bermanfaat.

Keywords


Produk Fashion; Batang Jagung; Eksplorasi

Full Text:

PDF

References


E. Fibrianie, “DESAIN MEJA ADMINISTRASI SWAJASA 57,” vol. 2, no. 2, p. 10, 2015.

A. Susanto, “PERANCANGAN MEJA KERJA UNTUK ALAT PRES PLASTIK YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE RASIONAL DAN PENDEKATAN ANTHROPOMETRI,” p. 13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.