EKSPLORASI LIMBAH BATANG JAGUNG DALAM PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK FASHION AKSESORIS

Muhammad Khafid Silvanto, Faza Wahmuda

Abstract


Jagung merupakan kebutuhan pokok pangan selain padi bagi masyarakat Indonesia. Selain dikonsumsi untuk penganti beras, jagung juga dapat diolah menjadi tepung dan makanan ringan. Komoditas Jagung dari data di atas yang memiliki peningkatan, maka semakin meningkat juga limbah dari hasil panen jagung, diantaranya kulit jagung, bonggol jagung dan batang jagung. Limbah jagung yang sering terbuang pasca panen adalah batang jagung. Biasanya pemilik kebun hanya memanfaatkan untuk arang sebagai bahan bakar memasak dan juga sebagai pakan ternak sapi. Pemanfaatan tersebut masih memiliki nilai ekonomi yang rendah, bahkan tidak memiliki nilai jual. Permasalahan di atas menjadi peluang dalam penelitian ini untuk menggali potensi batang jagung yang dapat dimanfaatkan dengan memiliki nilai jual dan memberikan nilai tambah ekonomi masyarakat sekitar. Dalam penelitian sebelumnya batang jagung dapat dimanfaatkan menjadi aksesoris interior. Berbeda dengan penelitian ini, peneliti melakukan penelitian dengan mengeksplorasi batang jagung menjadi produk berupa fashion aksesoris. Metode penelitian yang digunakan adalah riset terapan dengan menggunakan riset pengembangan melalui pendekatan eksperimen. Eksperimen yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik dari material batang jagung dengan berbagai uji/perlakuan sehingga menghasilkan perubahan baik secara fisik atau visual. Hasil yang diperoleh dari proses eksperimen yaitu material dapat diolah menjadi bahan baku pembuatan produk fashion aksesoris berupa protektor laptop, gantungan kunci, jam tangan dan tas. Hasil penelitian ini membuktikan baha eksplorasi batang jagung menjadi produk fashion aksesoris memberikan nilai tambah ekonomi dan memiliki nilai jual produk bagi masyarakat. Khususnya para UKM perajin di daerah sekitar.

Keywords


Batang Jagung; Eksplorasi; Produk Fashion

Full Text:

PDF

References


kementan, “Kementan Pastikan Produksi Jagung Nasional Surplus,” pertanian.go.id. https://www.pertanian.go.id/ (accessed Feb. 15, 2021).

A. Haidar and F. Wahmuda, “PEMANFAATAN BATANG JAGUNG SEBAGAI PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK KERAJINAN BERBASIS INDUSTRI KREATIF,” Pros. Semin. Teknol. Perenc. Peranc. Lingkung. Dan Infrastruktur, vol. 1, no. 1, pp. 404–408, Aug. 2019.

M. J. Hidayat and F. Wahmuda, “EXPLORATION OF LASER CUTTING AT CORN COB CRAFT IN CREATIVE INDUSTRY KETANEN UKM – GRESIK REGION,” TEROB, vol. 10, no. 1, Art. no. 1, 2018, doi: 10.20111/st.v10i1.79.

A. C. Larasati and B. Tristiyono, “Eksplorasi Teknik Membuat Ragam, Finishing dan Joining Bambu sebagai Kombinasi Material Produk Tas Wanita,” J. Sains Dan Seni ITS, vol. 8, no. 1, pp. 13–17, May 2019, doi: 10.12962/j23373520.v8i1.41125.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.