Desain Fasilitas Kamar Tidur Pondok Pesantren

Ananda Candra Wahyu, Ratna Puspitasari

Abstract


Pondok Pesantren merupakan sebuah institusi pendidikan keagamaan paling tua yang tumbuh secara swadaya dan berkembang di kalangan masyarakat Islam di Indonesia. Di Indonesia, terdapat banyak pondok pesantren, namun hanya sedikit pondok pesantren yang memenuhi standarisasi dalam memenuhi fasilitas yang dibutuhkan oleh santri. Alasan tersebut terjadi karena banyaknya fasilitas yang dibutuhkan dan minimnya ruang yang disediakan. Dengan permasalahan diatas, maka dibutuhkan desain fasilitas kamar untuk pondok pesantren dengan waktu pengunaan yang panjang dan bisa digunakan untuk banyak orang. Metode yang digunakan dalam pencariaan data adalah metode campuran, yaitu metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif (metode penelitian dengan observasi dan wawancara) dan kuantitatif (metode penelitian berdasarkan hasil kuisioner yang menjadi data pendukung untuk penelitian). Tahap analisis meliputi analisis kebutuhan, analisis kebutuhan ruang, analisis gaya desain, analisis ergonomi, analisis penempatan, analisis material, analisis warna, analisis bentuk, analisis sistem. Sintesa desain, dan tahap akhir dari penelitian adalah proses pembuatan produk fasilitas kamar tidur pondok pesantren. Kemudian ditutup dengan kesimpulan dan saran.


Keywords


Desain; Fasilitas; Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


M. Wiliaury, A. Santosa, G. S. Kattu, and J. Siwalankerto, “Perancangan Mebel Multifungsi Untuk Dormitory Mahasiswa Desain,” vol. 3, no. 2, p. 7, 2015.

M. Christany, L. Tulistyantoro, G. S. Kattu, and J. Siwalankerto, “Perancangan Tempat Tidur Multifungsi untuk Apartemen Tipe Studio,” vol. 6, no. 2, p. 5, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.