KONSEP WATERFRONT PADA RANCANGAN TATANAN LAHAN TAMAN DI BANTARAN KALI MAS GRESIK

Wahyu Tri Prastya, Suci Ramadhani, Amir Mukmin Rachim

Abstract


Watrerfront merupakan sebuah kawasan yang berhubungan langsung dengan air misal sungai. Wilayah Gresik Selatan dilalui oleh aliran Sungai Mas. Di Gresik Selatan sangat minim akan fasilitas publik seperti taman kota, maka dari itu perlu ada wadah kegiatan masyarakat. Diharapkan dengan adanya proyek Perencanaan dan Perancangan Waterfront mampu mengedukasi akan pentingnya menjaga lingkungan melalui kegiatan seperti edu-wisata. Oleh Syala (2012), pernah mengemukakan bahwa sebuah atraksi lokal mampu menarik minat orang datang dan tinggal lebih lama untuk menikmati wilayah perairan. Melakukan metode penelitian secara deskriptif, artinya melalui pendekatan historis, survei lapangan dan wawancara. Konsep Makro pada waterfront mengusung konsep recreational, maka mengutamakan kegiatan rekreasi, seperti wisata sungai, taman, tanaman hias dan ikan hias. Hasil rancangan dari proyek Perencanaan dan Perancangan Waterfront adalah berupa DED (Detail Engineering Design), mencakup desain tatanan lahan yang menganut pola sirkulasi radial. Konsep desain yang diharapkan adalah desain sirkulasi tatanan lahan yang rekreatif.

Keywords


waterfront; Sungai Mas; tatanan lahan; Gresik Selatan

Full Text:

PDF

References


B. K. Mokodongan, R. L. E. Sela, and H. H. Karongkong, “Identifikasi Pemanfaatan Kawasan Bantaran Sungai Dayanan Di Kotamobagu,” J. Sabua, vol. 6, no. 3, pp. 273–283, 2014.

N. S. A. Latip, S. Shamsudin, and M. S. Liew, “Functional Dimension at ‘Kuala Lumpur Waterfront,’” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 49, no. December, pp. 147–155, 2012.

A. Gravagnuolo and M. Angrisano, “Assessment of urban attractiveness of port cities in southern Italy-A case Study of torre annunziata,” Sustain., vol. 5, no. 9, pp. 3906–3925, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.