OPTIMALISASI DESAIN FASADE TERHADAP NILAI OTTV DAN AREA PENCAHAYAAN ALAMI SESUAI GREENSHIP NB 1.2

Ichfan Kurniawan

Abstract


Sektor bangunan merupakan sektor dengan potensi penurunan emisi gas rumah kaca yang signifikan dibandingkan sektor lain[1]. Salah satu upaya yaitu dengan pengoptimalan desain fasade yang berpengaruh pada konsumsi energi sistem tata udara bangunan. Parameter yang dijadikan acuan adalah OTTV atau Overall Thermal Transfer Value yang diatur dalam SNI 6389:2011 dan GREENSHIP NB 1.2. Besarnya nilai OTTV berpengaruh pada perolehan area dengan tingkat pencahayaan 300 lux sesuai kaidah GREENSHIP NB 1.2, dengan demikian perlu adanya pengoptimalan besar nilai OTTV dan perolehan area dengan tingkat pencahayaan alami. Dalam studi ini dikaji pengaruh desain fasade selubung bangunan pada perolehan nilai OTTV dan porsi area yang mendapatkan pencahayaan alami. Kajian ini berdasarkan pada kaidah perangkat penilaian bangunan hijau GREENSHIP 1.2 untuk bangunan baru. Bangunan original dengan nilai OTTV yang belum sesuai standar akan dioptimalkan sedemikian sehingga nilai beban panas yang ditunjukkan dari nilai OTTV dapat sesuai standar dan porsi area yang mendapatkan pencahayaan alami sesuai kaidah GREENSHIP 1.2 EEC 2 dapat dioptimalkan pula. Dari total 24 alternatif desain fasade bangunan, didapatkanlah 4 desain alternatif paling optimal dilihat dari segi nilai OTTV, perolehan tingkat pencahayaan alami, dan penambahan investasi fasade yaitu desain alternatif nomor 10, 11, 12, dan 14.



Keywords


fasade; OTTV; pencahayaan alami; GREENSHIP NB 1.2

Full Text:

PDF

References


United Nations Environment Programme, “Renewables 2020 Global Status Report,” 2020 Glob. Status Rep. Build. Constr. Towar. a Zero?emission, Effic. Resilient Build. Constr. Sect., p. 367, 2020, [Online]. Available: www.globalabc.org.

D. E. Nasional, “Indonesia Energy Outlook 2019,” Jakarta, 2019.

D. E. Nasional, “Perkembangan Bauran Energi Primer Nasional Tahun 2015-2019,” 2020. https://www.den.go.id/index.php/dinamispage/index/869-perkembangan-bauran-energi-primer-nasional-tahun-20152019.html (accessed Jan. 23, 2021).

D. J. EBTKE, “Hasil Survey Specific Energy Consumption (SEC) di Sektor Bangunan Gedung Komersial,” Jakarta, 2020.

P. Boyce, “Reviews of Technical Reports on Daylight and Productivity,” Daylight Divid. Progr., p. 14, 2004, [Online]. Available: http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Reviews+of+Technical+Reports+on+Daylight+and+Productivity+Reviews+by+:#0.

P. DKI, “Jakarta Green Building User Guide : Vol. 1 : Building Envelope,” vol. 1, 2020, [Online]. Available: https://greenbuilding.jakarta.go.id/.

L. Kusumawati, “Pengaruh Desain Fasade Terhadap Efisiensi Energi,” in Seminar Nasional Keberlanjutan Ruang Huni Masa Depan, 2015, pp. 1–21.

M. Hakiki, “Analisis Overall Thermal Transfer Value (OTTV) pada Gedung Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada dengan Hubungan Kebutuhan Energi Bangunan,” Universitas Gadjah Mada, 2017.

R. P. Utari, “Analisa Nilai Overall Thermal Transfer Value (Ottv) Sebagai Konservasi Energi Selubung Pada Bangunan Berdasarkan Sni 03-6389 …,” Pros. SENTRA (Seminar Teknol. dan …, pp. 40–47, 2019, [Online]. Available: http://research-report.umm.ac.id/index.php/sentra/article/view/2321.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.