PERENCANAAN DAN PERANCANGAN BALAI PELATIHAN PENGAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN DI MALANG JAWA TIMUR

Lianto Hendro Cahyono, Amir Mukmin Rachim, Failasuf Herman Hendra

Abstract


Indonesia  adalah negara di Asia Tenggara  yang dilintasi garis  khatulistiwa  dan berada di antara daratan benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.  Indonesia adalah negara  kepulauan  terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Nama alternatif yang biasa dipakai adalah  Nusantara. Dengan populasi Hampir 270.054.853  jiwa  pada  tahun  2018, Indonesia  adalah  negara  berpenduduk  terbesar keempat  di  dunia  dan  negara  yang  berpenduduk  Muslim  terbesar  di  dunia,  dengan lebih dari 230 juta jiwa. Indonesia dengan luas dan penduduk yang padat tentu memiliki permasalahan-permasalahan,  permasalahan  yang  paling  sulit  diselesaikan  adalah masalah lingkungan hidup.Proses Perencanaan dan Perancangan Balai Pelatihan Pengawasan Lingkungan Hidupdan  Kehutanan  terdapat  beberapa  tahapan,  yaitu  identifikasi,  studi  kasus,  analisa tapak, program ruang, konsep, transformasi dan pra rancangan . Berdasarkan  langkah tersebut  dapat  di  susun  sebuah  konsep  rancangan  seperti  konsep  bentuk  adaptif,ruang edukatif, dan tatanan lahan renponsif.Hasil Perencanaan dan Perancangan Balai pelatihan pengawasan lingkungan hidup dan kehutanan ini  menghasilkan  Transformasi  konsep bentuk  adaptif  dengan bentuk bangunan yang dapat  beradaptasi  dengan  lingkungan  sekitar. Transfromasi   konsep  ruang  edukatif menghasilkan pola sirkulasi radial dan pola  tentang pelatihan di ruangan.  Transfromasi tatanan  lahan  edukatif  menghasilkan  sirkulasi  yang  dapat  memberi  pengetahuan kepada pengunjung bangunan.


Keywords


lingkungan; pelatihan; responsif; adaptif; edukatif

Full Text:

PDF

References


Walhi, 2018. Kasus Lingkungan. Jakarta:Wahana Lingkungan Hidup

Depdikbud, 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka

Ching Francis DK, 1979. Arsitektur Bentuk , Ruang dan Tatanan. Jakarta:Erlangga

Ramadhani, A.N. 2017. Development Concept Of Urban Housing Renewal Based On Sustainable Tourism: A Case Study Of Kampung Tambak Bayan, Surabaya. International journal of scientific & technology research. Volume 6, issue 06, june 2017, pp 266-274. ISSN 2277-8616.

I. Rowland, T.N, 1999. Sepuluh Buku Tentang Arsitektur. Cambridge:Cambridge University Press

BPLHD,2004. Buku Panduan Pengawasan dan Kumpulan Peraturan Pengendalian Pencemaran Lingkungan. Jawa Barat:BPLHD Jawa Barat

KLHK,2006. Pengawasan dan Penegakan Hukum Bidang PPLH. Jakarta:KLHK

Broadbent Geoffrey, 1973. Design in Architecture. Michigan:John Wiley and Son

Broadbent, Geoffrey, David Fulton 1998. Design in Architecture. London

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2013. PN Balai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.