Peringkat Penyebab Kecelakaan Kerja Pada Proyek Kontruksi Gedung Bertingkat di Sidoarjo

M Syahril Adi, Feri Harianto, Diah Listyaningsih

Abstract


Manajemen keselamatan dan kesehatan kerja sangatlah penting dalam pembangunan suatu proyek. Tiga faktor utama yang mempengaruhi penyebab kecelakaan kerja yaitu faktor manusia, faktor lingkungan, dan faktor peralatan. Oleh karena itu penelitian tentang penyebab kecelakaan kerja sangat penting dilakukan untuk informasi mengenai kecelakaan kerja, sehingga pekerja bisa dapat mencegah atau mengurangi terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang paling dominan sebagai penyebab kecelakaan kerja antara faktor manusia, faktor lingkungan, dan faktor peralatan. Penelitian ini menggunakan metode pembobotan TEV (model analisi kuantitatif) untuk mengetahui nilai kepentingan faktor penyebab kecelakaan kerja dan untuk mengetahui tingkat kecelakaan pada faktor penyebab kecelakaan kerja. Hasil dari penelitian ini bahwa nilai harapan dari penyebab faktor kecelekaan kerja pada proyek Apartemen Sun City adalah 2,93 dan dapat dikategorikan sebagai kadang - kadang atau tingkat kecelakaan sedang. Dapat dilihat menurut profil data responden  diketahui yang menjadi penyebab kecelakaan kerja yaitu dengan usia responden 17 – 25 tahun dengan total 24 responden dengan prosentase 40 % dengan tingkat pendidikan SMP dengan total 35 responden dengan prosentase 58,3% dan pengalaman kerja sedang 6 - 10 tahun sebanyak 27 responden dengan prosentase 45%. Faktor manusia (0,377) adalah penyebab kecelakaan terbesar diikuti faktor lingkungan (0,335) dan faktor peralatan (0,288). 


Keywords


Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja; Faktor Manusia; Faktor Lingkungan; Faktor Peralatan

Full Text:

PDF

References


Agung, dkk 2019. Sistem Managemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Mitra media.

http://scribd.com/doc/51190447/19/C-Populasi-dan-Sampel.

Arikunto, S. (2017). Uji Validitas dan Reliabilitas. Tersedia online di http://dataolah.blogspot. co. id/2012/03/uji-validitas-dan-reliabilitas.

Aswadi. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecelakaan Kerja Karyawan Bagian Drilling Pada PT. Saripari Pertiwi Abadi (SPA) Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis . 76

Budiono, A.M. 2003b. Penyakit Akibat Kerja. Bunga Rampai Hyperkes danKesehatan Kerja. Editor: Jusuf, R.M., Pusparini, A. dan Budiono, A.M. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Efendi dan Feri, Efek Perilaku Pekerja dan Pengalaman Pekerja Terhadap Kecelakaan Kerja pada Pekerjaan Mechanical Electrical di Proyek Kontruksi Surabaya.

Endroyo, B., & Tugino, T. (2009). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja konstruksi. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan. 9(1), pp-21.

Feri, dkk 2019. Risiko Kecelakaan Kerja Pada Pekerjaan Penulangan Pelat, Balok dan Kolom di Gedung Bertingkat.

Harianto, F. (2019, September). Risiko Kecelakaan Kerja Pada Pekerjaan Penulangan Pelat, Balok dan Kolom Di Gedung Bertingkat. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan (Vol. 1, No. 1, pp. 15-20).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.