KAJIAN LAIK FUNGSI JALAN PADA RUAS JALAN JEMUR SARI KOTA SURABAYA GUNA MEWUJUDKAN JALAN BERKESELAMATAN

Kurnia Hadi Putra, Muhammad Musthofa

Abstract


Ruas jalan Jemursari merupakan salah satu prasarana transportasi yang memegang peranan penting dalam kegiatan sehari-hari, jalan harus memiliki kondisi yang ideal agar mampu memberikan kenyamanan, kelancaran, dan keamanan bagi pengguna jalan. Oleh karena itu perlu uji laik fungsi teknis jalan demi tercapainya penyelenggaran jalan yang andal dan berkeselamatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi ruas Jalan Jemursari apakah sudah memenuhi kriteria laik fungsi jalan dan mendapatkan alternatif solusi sebagai rekomendasi terhadap Jalan Jemursari apabila tidak memenuhi Laik Fungsi Jalan. Pengambilan data di lapangan menggunakan Metode Uji dengan cara pengamatan dan pengukuran kondisi ruas jalan Jemursari Kota Surabaya terhadap standar teknis, meliputi : teknis geometrik jalan, teknis struktur perkerasan jalan, teknis struktur bangunan pelengkap jalan, teknis pemanfaatan bagian - bagian jalan, teknis penyelenggaraan manajemen dan rekayasa lalu lintas, teknis perlengkapan yang terkait langsung dengan pengguna jalan maupun yang tidak terkait langsung dengan pengguna jalan. Dari hasil uji lapangan dilakukan analisis laik fungsi jalan secara teknis menggunakan  Metode Evaluasi yaitu membandingkan dengan parameter perencanaan laik fungsi jalan (Peraturan Menteri Nomor: 11/PRT/M/2010 dan Panduan Teknis Pelaksanaan Laik Fungsi Jalan Tahun 2012). Hasil analisis kelaikan fungsi jalan pada ruas jalan Jemursari Kota Surabaya yaitu laik fungsi bersyarat (LS). Tindak lanjut yang dilakukan pada ruas jalan Jemursari Kota Surabaya  yaitu dengan memberikan rekomendasi sesuai dengan kondisi fisik lingkungan jalan yang dapat memenuhi ketentuan keselamatan, kelancaran, ekonomis, dan ramah lingkungan.


Keywords


Jalan Raya Jemursari; LF Jalan

Full Text:

PDF

References


…………., 2010, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 11/PRT/M/2010 Tentang Tata Cara dan Persyaratan Laik Fungsi Jalan. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

…………., 2004. Undang Undang Republik Indonesia Nomor : 38 Tahun 2004 Tentang Jalan

…………., 2012. Panduan Teknis Pelaksanaan Laik Fungsi Jalan. Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta.

Hendarsin, Shirley L. 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung : Jurusan Teknik Sipil – Politeknik Negeri Bandung

H. Nur Ali, M. Isran Ramli, Wilda Isnaeni. 2012. Analisis Laik Fungsi Jalan Arteri Di Kota Makassar. Makassar : Universitas Hasanudin Makassar

Jundina Syifa’ul M, Bestananda F, Hendi Bowoputro, Ludfi Djakfar. 2015. Kajian Laik Fungsi Jalan. Malang : Universitas Brawijaya

Kominfo. 2016. Data Kependudukan. https://id.wikipedia.org/wiki/kota-surabaya. (diakses tanggal 05 Agustus 2016)

Saodang, Hamirhan, Ir. 2004. Konstruksi Jalan Raya (Buku I : Geometrik Jalan). Bandung : Nova.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.