EVALUASI TINGKAT PELAYANAN DAN KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE NO 001-02 / M / BM / 2011 (STUDI KASUS: SISI KIRI RUAS JALAN MARGOMULYO)

Jenny Natalia Br Napitupulu, Theresia Maria Candra Agusdini

Abstract


Jalan Margomulyo merupakan jalan kelas II di Surabaya yang volume arus kendaraannya tinggi dan juga sebagai jalan penghubung kota Surabaya dengan kabupaten Gresik. Jalan ini merupakan jalan dua arah dengan median dengan panjang jalan 3,1 km dan menggunakan perkerasan lentur. Kawasan Margomulyo merupakan kawasan pabrik dan pergudangan yang mana ruas jalannya sering dilewati oleh kendaraan berat dengan beban muatan berlebih sehingga mengakibatkan kerusakan jalan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan serta jenis-jenis kerusakan beserta metode penanganannya. Evaluasi tingkat pelayanan jalan dilakukan dengan survei dalam satu minggu selama empat belas jam. Evaluasi kerusakan jalan menggunakan metode Binamarga 2011. Untuk evaluasi kerusakan jalan dilakukan survey pengamatan visual per segmen setiap 100 m. Dari hasil penelitian untuk tingkat pelayanan jalan diperoleh nilai DS sebesar 0,94 sehingga masuk ke dalam kelas E. Untuk evaluasi tingkat kerusakan didapat kerusakan retak buaya sebesar 9,58 m2 , retak acak sebesar 80,31 m2 , retak memanjang 8 m2 , lubang 14,57 m2 , tambalan 30,35 m2 , fatty 5 m2. Metode penanganan untuk kerusakan jalan dilakukan dengan cara penutupan retak, pengisian retak, pengaspalan, penambalan lubang.


Keywords


Tingkat pelayanan jalan; Kerusakan jalan; Metode Bina Marga 2011

Full Text:

PDF

References


Evan, Luke Ivander. 2017. Evaluasi kerusakan jalan menggunakan metode bina marga (studi kasus Jalan Perintis Kemerdekaan KM 30 – 33 Klaten. Skripsi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Keputusan Menteri 14 tahun 2006 tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan. 2006. Kementrian Perhubungan

Perbaikan Standar untuk Pemelihraan Rutin Jalan.2011. Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga.

Peraturan Pemerintah No.43/1993 pasal 11 tentang Kelas Jalan.1993. Departemen Perhubungan

Setiawan, Roni. 2018. Evaluasi kerusakan perkerasan lentur dengan metode Bina Marga (studi kasus ruas jalan Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar). Skripsi. Universitas Syiah Kuala.

Shahin, M. Y. (1994). Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots.Chapman & Hall. New York

Tata cara perencanaan geometrik jalan antar kota.1997.Ditjen Bina Marga

Tata cara penyusunan pemeliharaan jalan kota.1990. Ditjen Bina Marga.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 38 tahun 2004 tentang Jalan. 2004. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.