PENGARUH PECAHAN TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT KASAR DAN FLYASH SEBAGAI PENGISI PADA CAMPURAN BETON DITINJAU DARI KUAT TEKAN BETON

Mochamad Alif Serang, Dewi Pertiwi

Abstract


Beton merupakan campuran antara semen, agregat halus, agregat kasar, dan air. Beton normal memiliki berat isi sebesar 2.200-2.500 kg/cm3 . Inovasi terus dilakukan untuk dapat menemukan campuran beton yang baik dan ekonomis. Pembuatan beton normal diinovasikan dengan menggunakan bahan pecahan tempurung kelapa. Pecahan tempurung kelapa sebagai limbah yang jarang diolah dijadikan bahan pengganti agregat kasar untuk pembuatan beton dan Flyash sebagai bahan pengisi yang memiliki sifat pozzolan atau mengikat seperti semen portland. Penggunaan tempurung kelapa dan flyash diharapkan dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan nilai kuat beton.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pecahan tempurung kelapa dan fly ash terhadap kuat tekan beton. Penggunaan tempurung kelapa ini menggunakan pecahan ber-diameter maksimal 10mm. Sebagai  Pengganti agregat kasar dengan kadar sebesar 0%, 2%, 3%, 4%, 5%. Demikian juga pada  fly ash dengan kadar 20%, Pengujian dilakukan dengan 2 pembagian waktu yaitu pada hari ke-14 dan hari ke-28.

Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh peningkatan kuat tekan beton tertinggi pada variasi 2%, baik dipengujian hari ke-14 maupun hari ke-28 yaitu sebesar 25 Mpa dan 28,02 Mpa. Sesuai dengan mutu beton yang direncanakan yaitu sebesar 25 Mpa.


Keywords


Beton; Fly ash; kuat tekan; tempurung kelapa

Full Text:

PDF

References


Jacky dkk..”Pengaruh Pecahan Tempurung Kelapa Sebagai Pengganti Agregat Kasar Dalam Campuran Beton” jakarta barat : universitas kristen krida wacana, 2018.

Suarnita I wayan.”Kuat Tekan Beton Dengan Aditif Fly Ash Ex.PLTU Mpanau Tavaeli” palu : universitas tadulaku, 2011.

Nugraha, P. dan Antoni. “Teknologi Beton”. Penerbit ANDI. Yogyakarta, 2007.

Tjokrodimuljo, Kardiyono.”Teknologi Beton” Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2007.

SNI-2847-2013. “ Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung” Badan Standarisasi Nasional. Bandung, 2013.

SNI 03-6820-2002 “Spesifikasi Agregat Halus Untuk Pekerjaan Adukan Dan Plesteran Dengan Bahan Dasar Semen”.

SNI 03-1974-1990 “Metode Pengujian Kuat Tekan Beton”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.