EVALUASI KEBUTUHAN RUANG PARKIR PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH IBNU SINA KABUPATEN GRESIK

Muhammat Anang Setyawan, Theresia Maria Candra Agusdini

Abstract


Berkembangnya Kabupaten Gresik sebagai kawasan perkotaan menimbulkan banyaknya penggunaan kendaraan pribadi bermotor untuk melakukan pergerakan yang mengakibatkan perubahan tata guna lahan yaitu lahan parkir. Penelitian ini dilakukan pada lahan parkir RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Seiring dengan meningkatnya pelayanan rumah sakit maka fasilitas yang ada harus meningkat salah satunya yaitu lahan parkir. Metode yang digunakan untuk evaluasi yaitu berpedoman pada hasil studi Dirjen Perhubungan Darat 1998, data yang digunakan yaitu data primer berupa data hasil survei karakteristik parkir dan data sekunder berupa data jumlad bed dan denah exsisting rumah sakit.  Exsisting petak parkir untuk kendaraan roda dua sebanyak 100 SRP dan untuk kendaraan roda empat sebanyak 80 SRP. Kebutuhan ruang parkir berdasarkan hasil survei karakteristik parkir untuk kendaraan roda dua sebanyak 237 SRP dan untuk kendaraan roda empat sebanyak 150 SRP. Menurut hasil studi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 1998 untuk petak parkir pada RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik yaitu sebesar 139 SRP yang didasarkan pada jumlah bed tempat tidur. Jumlah SRP yang ada pada rumah sakit belum memenuhi standart maka harus dilakukan penambahan petak parkir. Penambahan petak parkir untuk kendaraan roda empat menggunakan pola parkir menyudut 45°. Maka didapatkan penambahan petak parkir untuk kendaraan roda dua sebanyak 136 SRP serta mendapatkan penurunan indeks parkir menjadi 1,004 dan untuk kendaraan roda empat sebanyak 67 SRP dan mendaparkan penurunan indeks parkir sebesar 1,02. Hasil penelitian diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan rumah sakit untuk melakukan peningkatan fasilitas yang ada demi kenyamanan pengguna RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik.


Keywords


Kawasan Perkotaan; Karakteristik Parkir dan Satuan Ruang Parkir

Full Text:

PDF

References


Anwar, Idrus. 2009. Studi Kebutuhan Ruang Parkir Rumah Sakit Pendidikan Universitas Diponegoro (RSP Undip). Universitas Diponegoro. Semarang

Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 1996, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Lampiran Keputusan Dirjen Perhubungan Darat Fasilitas Parkir, Jakarta.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota, Jakarta.

Hobbs, FD. Perencanaan Teknik Lalu-Lintas. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.

Ofyar Z, Tamin. 2003. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB.

Warpani, P. Suwardjoko, 2002. Pengelolaan LaluLintas dan Angkutan Jalan Bandung. Bandung: ITB.

Yanuar, Rizky.2019. Evaluasi Kebutuhan Ruang Parkir Pada Rumah Sakit Dr. M. Soewandhie –Tambak Sari Kota Surabaya. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VII 2019, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.