Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Tanjungsari dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga

Navita Eka Rachmawati, Mutiara Firdausi

Abstract


Jalan adalah prasarana transportasi darat yang digunakan untuk tempat berlalu lintas. Undang Undang No. 13 Tahun 1980 tentang jalan menyatakan bahwa jalan mempunyai peranan yang relevan dalam bidang ekonomi, politik, sosial budaya, dan pertahanan keamanan, namun sering kali dijumpai jalan yang rusak yang disebabkan oleh volume lalu lintas yang padat serta adanya kendaraan – kendaraan berat yang melewati seperti di Jalan Tanjungsari, maka perlu dilakukan perbaikan jalan yang sesuai berdasarkan tingkat kondisi jalan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai kondisi jalan dan mengetahui penanganan kerusakan jalan yang sesuai pada Jalan Tanjung sari berdasarkan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga. Penelitian ini dilakukan dengan survei kerusakan jalan secara visual, dan survei lalu lintas harian rata-rata (LHR) selama 8 jam per hari untuk mewakili jam – jam sibuk. Setelah memperoleh data-data dilapangan, dilakukan analisis kerusakan jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga. Hasil Metode Pavement Condition Index (PCI) didapat nilai kondisi jalan 75,1 dengan program perbaikan yang sesuai yaitu tambalan (overlay)¸ sedangkan metode bina marga diperoleh nilai urutan prioritas 4 dengan program perbaikan yang sesuai yaitu pemeliharaan berkala.


Keywords


Kerusakan jalan; Pavement Condition Index; Bina Marga

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 1980 Tentang Jalan. 1980.

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 07 Tahun 2003 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Surabaya Nomor 14 Tahun 1999 Tentang Retribusi Penggantian Biaya Cetak Peta. Pemerintah Kota Surabaya, 2003.

Indriani, Made Novia, Metode - Metode Perhitungan Perencanaan Tebal Perkerasan LenturJalan. Makassar: CV. Social Politic Genius (SIGn), 2018.

U.S Army Corps of Engineers, Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys ASTM D 6433 - 07. USA, 2007.

Direktorat Pembinaan Jalan Kota, Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota NO. 018/T/ BNKT/ 1990. Direktorat Jendral Bina Marga Departemen PU. Jakarta, 1990.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.