Redesain Mainan Edukatif Balok Kayu Untuk Anak TK

Nuri Herlinda, Christin Mardiana

Abstract

Bermain merupakan cara untuk belajar bagi anak TK. Permainan yang sering digunakan adalah
permainan konstruktif yaitu balok kayu. Permainan ini dimainkan dengan disusun kearah vertikal
maupun kearah horizontal. Namun, permasalah yang terjadi tidak ada sistem penyambung yang
baik antara satu balok dengan balok yang lain. Sehingga menyebabkan balok mudah sekali runtuh,
jangankan susunan balok dipindahkan, terkadang balok runtuh karena tidak sengaja tersentuh oleh
temannya.Tujuan dari penelitian yaitu memperbaiki sistem joining yang lebih baik, sehingga siswa
lebih bebas dalam memainkan balok. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif yaitu dengan wawancara, observasi, dan pencarian data eksisting dilapangan. Penelitian
ini mengggunakan 2 alat analisis, analisis perilaku dan analisis desain. Peneliti melakukan
pencarian data di beberapa sekolah TK di Kota Surabaya dan di perusahaan pembuatan mainan.
Konsep desain yang digunakan pada produk ini adalah safety and fun, produk yang dihasilkan
berupa mainan balok yang memiliki sambungan yang memudahkan anak untuk mengeksplorasi
imajinasi, serta aman karena menggunakan pewarna waterbased. Penggunaan finishing tidak
beracun dan berbau

Keywords

Anak Tk; Balok Kayu; Edukatif; Mainan

Full Text:

PDF

References

Oki Rahmawati, Martha, 2014, “Desain Mainan Edukasi Balok Modul Untuk Anak Usia 8-12Tahun Bertema Candi”. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Herawati,Linda, dkk. (2013). “Evaluasi Data Antropometri Anak-Anak Usia 4-6 Tahun Di Jawa Timur dan Aplikasi Pada Perancangan Fasilitas Belajar Disekolah”. 2013, hal:144.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.