Pengembangan Model Pembelajaran Akuntansi dengan Aplikasi Interaktif untuk meningkatkan Kemampuan dan Motivasi Siswa pada Sekolah Vokasi

Chitra Santi, Melvie Paramitha, Minny Elisa Yanggah

Abstract

Di dunia yang serba modern ini, banyak perusahaan yang menuntut para karyawannya untuk mahir dalam mengoperasikan sebuah teknologi. Oleh karena itu, banyak teknologi-teknologi mutakhir yang tercipta untuk peningkatan kemampuan sumber daya manusia, begitupula dalam hal pendidikan. Sekolah dituntut untuk mampu menciptakan metode pembelajaran yang tepat serta menghasilkan lulusan yang mahir mengoperasikan teknologi seperti membuat laporan keuangan dengan menggunakan suatu software sebagai sarana pendalaman ilmu akuntansi di Sekolah Vokasi. Sekolah Vokasi ini mulai mengembangkan minat siswa dalam mempelajari tentang akuntansi. Karena di dalam dunia bisnis, membutuhkan banyak tenaga kerja dalam membuat laporan keuangan. Oleh karena itu, dengan aplikasi Accounters ini mempermudah siswa di Sekolah Vokasi untuk lebih memahami tentang akuntansi, sehingga mampu membuat laporan keuangan bagi Perusahan saat mereka bekerja nantinya. Serta mampu meningkatkan motivasi belajar siswa akan akuntansi

Keywords

Media Pembelajaran, Akuntansi, Accounters

Full Text:

PDF

References

B. U. Hamzah, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.

Daryanto, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2010.

J.M. Reeve et.al., Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

W. Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

S. Sutikno, Belajar Dan Pembelajaran, Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica, 2013.

Seel dan Richey, Instructional Technology. Washington, DC: AECT., 2014.

R. E. Slavin, Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media, 2011.

Titisari et al. “Model Pembelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa,” Jurnal Buletin Studi Ekonomi, Vol. 18, No. 2, p. 22-31, Agustus 2013.

S. Warsono et al., Corporate Governance Concept and Model, Yogyakarta: Center of Good Corporate Governance, 2009.

K.C. Laudon et al., Sistem Informasi Manajemen. Terjemahan Chriswan Sungkono dan Machmudin Eka P. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

A.M. Sardiman, Interaksi dan Motivai Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

N. Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.