Rancang Bangun Flex Sensor Gloves untuk Penerjemah Bahasa Isyarat Menggunakan K-Nearest Neighbors

Zakaria Zakaria, Riza Agung Firmansyah, Yulianto Agung Prabowo

Abstract

Bahasa isyarat adalah bahasa sehari – hari yang digunakan para penyandang disabilitas tunawicara maupun tunarungu untuk berkomunikasi. Namun tidak banyak orang yang memahami tentang bahasa isyarat. Hal ini menimbulkan masalah antara penyandang tuna wicara dan tuna rungu dengan orang lain dalam hal berkomunikasi. Oleh karena itu, diperlukan perantara yaitu seorang penerjemah yang mengerti bahasa isyarat atau suatu piranti atau alat bantu yang mengenali bahasa isyarat. Dalam penelitian ini akan dibuat sistem yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa isyarat SIBI (Sistem Bahasa Isyarat Indonesia) huruf, yaitu A – N dan angka 1 – 10. Dimana hardware tersebut terdiri dari sarung tangan yang diberi lima flex sensor untuk membaca gerakan posisi jari tangan. Mikrokontroler ATMega32 sebagai pemroses data, Arduino Nano dan modul mp3 DFPlayer sebagai pemutar file suara. Sebagai tampilan digunakan LCD karakter alphanumeric 16x2 dan speaker untuk mengeluarkan suara. Sedangkan pengenalan pola menggunakan metode K - Nearest Neighbors (k-NN). Dalam penelitian ini, dapat dihasilkan sebuah alat penerjemahan bahasa isyarat huruf dan angka dengan tingkat keberhasilan sebesar  65,38 persen.

Keywords

bahasa isyarat; k-NN; ATMega32; arduino nano; DFPlayer

Full Text:

PDF

References

Abdullah, Aisyah. 2017. Rancang Bangun Sistem Pengenalan Bahasa Isyarat Untuk Tuna Wicara Menggunakan Sarung Tangan Berbasis Mikrokontroler. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Wikipedia.2013.“https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_isyarat”. (diakses 18 Maret 2018).

Krisandi, Nobertus dkk. 2013. Algoritma k-Nearest Neighbor Dalam Klasifikasi Data Hasil Produksi Kelapa Sawit Pada PT. Minamas Kecamatan Parindu. Pontianak: Uneversitas Tanjungpura.

Yusmantara, Mentik.2017.”http://www.advernesia.com/blog/data-science/pengertian-dan-cara-kerja-algoritma-k-nearest-neighbours-knn/”. (diakses 29 Maret 2019).

Spectra Symbol.2016.Flex Sensor Datasheet. (diakses 14 Februari 2018)

Firmansyah, Riza Agung., Suheta, Titiek., Sutopo, Krisna. 2016. Perancangan dan Pembuatan Alat Proteksi Terhadap Gangguan Tegangan Lebih Berbasis Mikrokontroler. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Picaxe.com.2015.Datasheet DFPlayer Mini. (diakses 2 Juli 2019).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.