Budidaya Buah Naga sebagai Upaya Reklamasi Lahan Bekas Tambang Pasir di Desa Cibereum

Sarjan Sarjan, Wahyono Hadi, Talent Nia Pramestyawati

Abstract

Kegiatan pertambangan bertujuan untuk peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Di Desa Cibereum Wetan Kecamatan Cimalaka kegiatan pertambangan pasir menimbulkan berbagai dampak negatif mulai dari perubahan fungsi lahan hingga terganggunya sumber mata air dan sungai, sehingga perlu adanya upaya reklamasi lahan pasca tambang. Data yang dibutuhkan pada penelitian ini antara lain kondisi geografis lahan dan sifat kimia tanah. Populasi wilayah berupa seluruh lahan bekas penambangan galian pasir baik yang sedang atau telah dijadikan perkebunan Buah Naga dan populasi manusia adalah keseluruhan kepala keluarga (KK) yang ada di Desa Cibereum Wetan. Upaya reklamasi mampu menurunkan kadar pasir yang semula 55% menjadi 12%. Peningkatan nilai KTK dari 11,75%, menjadi 12,37% dan meningkatkan nilai mikroorganisme dari nilai semula sebesar 26% menjadi 74%.

Keywords

Budidaya Buah Naga; reklamasi; tambang pasir

Full Text:

PDF

References

Apriliana, E. S., “Pelaksanaan Kewajiban Reklamasi Lahan Pasca Tambang Berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral Dan Batubara Oleh PT Timah (Persero) Tbk Di Kabupaten Bangka Barat,” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2017

Kementerian Pertambangan dan Energi, "Kepmen Pertambangan dan Energi Nomor 1211.K/2008/M.PE/1995 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Perusakan dan Pencemaran Lingkungan Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Umum,” 1995.

Munir, M., Setyowati, R. R. D. N., “Kajian Reklamasi Lahan Pasca Tambang di Jambi Bangka, dan Kalimantn Selatan,” KLOROFIL Vol. 1 No. 1, 2017: 11-16.

Pemerintah Republik Indonesia, “Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara,” 2009.

Fatonah, S,”Dampak Kegiatan Penambangan Pasir terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat, Studi di Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta, “ Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2018.

Arif, I., “Perencanaan Tambang Total sebagai Upaya Penyelesaian Persoalan Lingkungan Dunia Pertambangan”, Universitas Sam Ratulangi, Menado, 2007.

Kurniawan, A. R., Rauf, A.,”Rencana Reklamasi pada Lahan Bekas Tambang Pasir dan Batu di Desa Nglumur, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah,”Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VI, 2018.

Renasari, N.,”Budidaya Tanaman Buah Naga Super Red di Wana Bekti Handayani,” Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2010.

Soelistyani HT, Utomo. 2000. Pengaruh tekstur dan potensial air tanah terhadap pertumbuhan bibit stek tanaman buah naga. Sciencetek 4: 78-81, 2000

Prijono, Sugeng, “Dasar Ilmu Tanah – Sifat Kimia Tanah”, Universitas Brawijaya, [Online. Available: http:Sugeng.lecture.ub.ac.id/files/2012/09/Bab-5-Sifat-Kimia-Tanah

Susilawati, Mustoyo, Budhisurya E., Anggono, R. C. W. dan Simanjuntak, B. H, “ Analisis Kesuburan Tanah dengan Indikator Mikroorganisme Tanah pada Berbagai Sistem Penggunaan Lahan di Plateau Dieng,” AGRIC Vol. 25, No 1 Desember 2013: 64-72.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.