ANALISIS PENERAPAN BALLAST WATER MANAGEMENT SESUAI REGULASI IMO PADA KAPAL YANG BEROPERASI DI PERAIRAN TIMOR-LESTE

Joao Guterres, Minto Basuki, Erivife Pranatal

Abstract

Pembuangan air balas yang dilakukan oleh kapal dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lain dapat menimbulkan masalah. Air balas yang diangkut dari suatu kapal dapat membawa mikroorganisme yang hidup pada lingkungan asal dan kemudian dibuang pada ekosistem yang baru. Dampak dari perkembangan spesies asing di laut oleh IMO dinilai lebih sulit ditanggulangi dibanding dampak dari pencemaran akibat tumpahan minyak dan telah menjadi masalah global sehingga perlu mendapatkan perhatian lebih serius dari seluruh komunitas maritim dunia. Namun, Konvensi Manajemen Air Balas atau International Maritime Organization (IMO), yang diadopsi pada tahun 2004, bertujuan untuk mencegah penyebaran organisme air berbahaya dari satu daerah ke daerah lain, dengan menetapkan standar dan prosedur untuk pengelolaan dan pengendalian air balas kapal dan sedimen. Metode yang dilakukan analisa dalam penelitian ini yakni mengenai aspek peraturan Timor Leste yang menjadi dasar ratifikasi peraturan IMO mengenai Konvensi internasional untuk pengendalian dan manajemen air ballas dan sedimen dari kapal 2004 dan Aspek Infrastuktur yang mendukung untuk Penerapan yakni menganalisa kesiapan pemerintah Republik Demokratik Timor Leste serta sampai pada aspek pelaksanaannya seperti dari sistem birokrasi yang berwenagn untuk mengawasi operator dan juga regulator serta sangsi/hukuman akibat pelanggaran manajmen air balas.

Keywords

Regulasi IMO; Manajemen Air Ballas; Timor Leste

Full Text:

PDF

References

APORTIL-(Autority Port Timor Leste)-JICA Port Report, 2014. Timor Leste constitution of the democratic republic of timor-leste

Direcção Nacional de Estatística/National Statistics Directorate 2012. Timor Leste [3] Eprints.undip.ac.id/26658/5piping.pdf

Final Report of Port Sector in Timor Leste- JICA, 2014. Timor Leste.

Fauziimamhidayat.blogspot.com/2013/09/sistem-ballast-kapal.html

Final Report, 2015 “ Basic requirements on preparedness for the design of the “National Contingency Plan for Oil Spill Response” of the Democratic Republic of Timor-Leste- Advisory and Training for the Maritime Related Industries of Timor-Leste.

Guide for Ballast water treatment, annext 5 ballast water management plan.2014 ABS.

Guide To Approval Of Retrofit Ballast Water Management System Installations September 2016 DNV GL Approval Ship and Offshore Environmental Protection.

http://www.maritimeworld.web.id/2011/01/regulasi-tentang-pencegahan-pencemaran.html

http://globallast.imo.org

International Maritime Organization, "Resolution MSC.215(82). (2006) Performance Standard for Protective Coatings for Dedicated Seawater Ballast Tank in All type of Ship and Double Side Skin Spaces Bulk Carrier," International Maritime Organization, United Kingdom.

International Maritime Organization, 2010. " Resolution MSC.291(87). Adoption Of Amendments to the International Convention For the Safety Of Life At Sea, 1974, As Amended," International Maritime Organization, United Kingdom.

JICA in ANNEX of Decree-Law No3/2003.

Malinda Yusuf, Syaiful Anwar, Christine Sri Marnani, 2016 ”implementasi kebijakan pemerintah tentang international convention for control and management of ships ballast water and sediments dalam rangka mendukung keamanan maritim indonesia government policy implementation of the international convention for control and management of ships ballast water and sediments maritime security to support indonesia

Mohammad Sholikhan Arif, Hesty Anita Kurniawati, M. Nurul Misbah, 2016 ”analisa teknis dan ekonomis pemilihan manajemen air ballas pada kapal (ship ballast water management) di indonesia. teknik perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia.

Timor-Leste Government, March 2015 Programme of the sixth Constitutional Government, Dili.

Word Bank Document, Timor Leste Economic Update April 2017. Timor Leste World Bank WDI and Macro Poverty Outlook 2017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.