Peningkatan Kualitas Fasilitas Lingkungan dan Edukasi Digital Marketing kepada Masyarakat RW 5 Kel. Genteng, Kec Genteng, Kota Surabaya

Siti Azizah, Dian PE Laksmiyanti, Ika Ratniarsih

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilaksanakan di lokasi RW 05 Kelurahan Genteng Kecamatan Genteng Surabaya. Permasalahan di lokasi adalah adanya fasilitas lingkungan yang digunakan warga dalam kondisi memprihatinkan dan perlunya pengembangan pengetahuan tentang digital marketing kepada warga setempat yang bergerak di bidang UMKM (usaha Kecil, Mikro dan Menengah).  Pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah perbaikan kondisi Balai RT 03,  memberikan usulan desain untk pegembangan Balai RT 03 dan edukasi  pemanfaatan digital marketing.  Metode yang digunakan dalam perbaikan fasilitas lingkungan adalah design research dengan pendekatan problem solving, dimana luaran yang dihasilkan berupa desain yang bermula dari survey lapangan. Sedangkan pelaksanaan program Edukasi Digital Marketing dilakukan menggunakan platform PaDi UMKM. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan perbaikan fasilitas yang bisa dimanfaatkan lebih baik oleh warga dan  edukasi yang diberikan banyak memberikan pengetahuan baru kepada pelaku UMKM yang berada di RW 05.

Kata kunci: Balai RT 03; Digital Marketing; Edukasi; Pengabdian Masyarakat; Redesign.

Keywords

Balai RT 03; Digital Marketing; Edukasi; Pengabdian Masyarakat; Redesign

Full Text:

PDF

References

Pemerintah Kota Surabaya, “Data Kependudukan Kelurahan Genteng.” https://pemerintahan.surabaya.go.id/home/kelurahan_genteng (accessed Sep. 05, 2022).

A. R. Sabdorini and Harmanto, “STRATEGI KELURAHAN GENTENG MENUMBUHKAN PARTISIPASI WARGA MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL DI KAMPUNG KETANDAN KOTA SURABAYA,” J. Mhs. Univ. Negeri Surabaya, vol. 05, no. 03, pp. 800–814, 2017.

Dinas Cipta Karya Surabaya, “Profil Kota Surabaya.” https://ciptakarya.pu.go.id/profil/profil/barat/jatim/surabaya.pdf. (accessed Sep. 05, 2022).

G. Broadbent, R. Bunt, and C. Jencks, Signs, symbols, and architecture. Chichester: Wiley, 1980.

F. D. Rompas, A. E. Tungka, and S. Lintong, “REDESAIN BANGUNAN PENDIDIKAN YPKM, DI KOTA MANADO. Arsitektur Ekologi,” J. Arsit. DASENG, vol. 9, no. 1, pp. 242–251, 2020.

GBCI, “Greenship by Green Building Council Indonesia,” 2020. https://gbcindonesia.org/greens/new (accessed Jun. 14, 2022).

N. R. Hafittuloh and B. Priyanto, “Analisis Perbandingan Pemilihan Genteng, Galvalum Dan Asbes Sebagai Bahan Penutup Atap Ditinjau Dari Biaya Pelaksanaan Dan Pengaruh Terhadap Suhu Ruangan Di Bawahnya,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

L. N. Groat and D. Wang, Architectural research methods, Second Edi. Hoboken: Wiley, 2013.

D. Brownas, Building Services Design Methodology. New York: Spon Press, 2001.

D. P. Laksmiyanti, “Strategi Pembelajaran Berbasis Laboratorium Untuk Peningkatan Budaya Studio Di Jurusan Arsitektur,” dalam PEDAGOGI DALAM PERSPEKTIF MULTIDISIPLIN - Sumbangsih Pemikiran dan Praktik Pembelajaran dalam Kajian Multidisiplin dari 6 Perguruan Tinggi di Jawa T. Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI), 2020.

S. Szokolay, Introduction to Architectural Science: The Basis of Sustainable Design. Introduction to Architectural Science: The Basis of Sustainable Design. Oxford: Architectural Press, 2004.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.