PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN METODE SEVEN TOOLS DI PT. LAKSANA ANDA JAYA

Muhammad Eko Mamonto, Suhartini Suhartini, Gatot Basuki H.M

Abstract

Perkembangan industri manufaktur saat ini sangat berkembang. Selain itu pertumbuhan industri manufaktur di indonesia telah mampu menciptakan suatu persaingan antara industri itu sendiri, dimana memenangkan persaingan tersebut diperlukan suatu kinerja yang baik dalam industri tersebut dan salah satunya adalah suatu manajement sumber daya manusia yang efisien dan efektif yang di tunjukan dengan adanya peningkatan kualitas dan kuantitas dalam bekerja .suatu perusahaan harus selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam bekerja. Peningkatan kinerja berarti peningkatan terhadap hasil kerja dan peningkatan kualitas berarti memaksimalkan potensi yang ada dalam jiwa karyawan. Peningkatan kualitas atau kemampuan ini dapat mengakibatkan kinerja karyawan di perusahaan. Hal ini di sebabkan kualitas kerja memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan percapaian kerja karyawan. Hardskill merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap karyawan oleh karena itu penilitian ini adalah meminimalkan suatu kinerja karyawan di perusahaan dengan mengunakan seven tools. Seven tools merupakan metode yang berkesinambungan dari mulai check sheet, stratifikasi, diagram pareto, histogram diagram, diagram pencar, peta kendali dan diagram tulang ikan. Berdasarkan pengolahan data menggunakan Seven Tools di dapatkan ada 2 jenis pelatihan yang paling dominan dalam peningkatan karyawan adalah operasional dan Assembling.

 

 

                                   

Keywords

Kata kunci: Sumber daya Manusia; Peningkatan Jenis Pelatihan; Seven Tools

Full Text:

PDF

References

2, R. 1. (2016). Pengendalian Kualitas Produksi Menggunakan Alat Bantu Statistik (Seven. Indept, Vol. 6, No. 2 Juni 2016, Issn 2087 – 9245.

Ansory, A. F. ((2018)). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama, Sidoarjo.

Arifuddin, M. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Tahu Takwa Dengan Metode Seven Tools. (Studi Kasus Di Ud. Gtt –

Yuza Zakariya, 2. M. ( 2020). Pengendalian Mutu Produk Air Minum Kemasan Menggunakan New Seven Tools(Studi Kasus Di Pt. Dea). Rekayasa.V13i2.5453. Kediri). Sarjana Thesis, Universitas Brawijaya.

Fauzi, R. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Msdm) Dalam Upaya Meningkatkan Pelayan Terhadap Nasabah.

Fayaku, M. ( 2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (Ctl) Dengan Metodepredict,.

Herry Goenawan Soedarsa, C. A. (2014). Pengaruh Audit Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pt. Gramedia Asri Media Bandar Lampung). Vol 5 No 1 2014.

Nazzala Tsaniya, T. A. ((Agustus, 2020)). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Brokoli Dengan Menggunakan Metode Sqc Untuk Meminimumkan Produk Cacat. Vol 6, No 2, 2020.

Santoso, R. S. (2020). Analisis Kegagalan Proses Produksi Plastik Pada Mesin Cutting Di Pt. Pkf Dengan Pendekatan Failure Mode And Effect. : 1979-889x.

Sukendar, I. ( 2008). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Cetak Buku Dengan Menggunakan Seven Tools Pada Pt. .Xyz .

Sunardi, A. D. (2020). Analisis Kualitas Kapur. Universitas Pembangunan Veteran Surabaya.

Yemima1, O. ( 2014 ). Penerapan Peta Kendali Demerit Dan Diagram Pareto Pada Pengontrolan Kualitas Produksi. Jurnal Eksponensial Volume 5, Nomor 2, Nopember 2014

Yuza Zakariya, 2. M. ( 2020). Pengendalian Mutu Produk Air Minum Kemasan Menggunakan New Seven Tools(Studi Kasus Di Pt. Dea). Rekayasa.V13i2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.