PEMETAAN GEOLOGI UNTUK MENENTUKAN KUALITAS BATUGAMPING PADA FORMASI MADURA, KECAMATAN UJUNGPANGKAH DAN SEKITARNYA, KABUPATEN GRESIK, JAWA TIMUR

Alien Sagita Effendy, Jusfarida Jusfarida

Abstract

Daerah penelitian berada di Kecamatan Ujungpangkah dan sekitarnya, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui diagenesa batugamping, umur relatif dan lingkungan pengendapan batugamping pada daerah penelitian. Metode yang dilakukan adalah metode surface mapping yang dilakukan untuk menghimpun data-data pada daerah penelitian yang kemudian data-data tersebut diolah dan dilakukan pengamatan petrografi dan pengamatan mikrofosil. Hasil penelitian dari 2 sampel yaitu sampel batugamping Wackstone (nomor sampel A01) dan sampel batugamping Rudstone (nomor sampel A02). Pada batugamping Wackstone, proses diagenesa yang terjadi adalah sementasi, mikritasi, dan disolusi dengan umur relative pada sekitar Miosen awal-tengah (N8-N9) dan terbentuk pada lingkungan marine daerah  neritic bagian bawah sampai batial bagian atas. Lalu pada batugamping Rudstone proses diagenesa yang terjadi adalah sementasi, mikritasi, dan disolusi dengan umur relatif sekitar Pliosen awal (N20) dan lingkungan pengedapannya berada pada lingkungan marine pada daerah Neritik bagian bawah

Keywords

Batugamping, Diagenesa, Metode Petrografi, Pengamatan Mikrofosil, Umur Relatif dan Lingkungan Pengendapan

Full Text:

PDF

References

[ 1 ] Boggs, S. (2006). Principles of stratigraphy and sedimentology. Principles of Stratigraphy and Sedimentology.

[ 2 ] Dunham, R.J., 1962. Classification of Carbonate Rocks according to Depositional Texture. American Association of Petroleum Geologists.

[ 3 ] Reijers, T., dan Hsu, K., 1986, Manual of Carbonate Sedimentology: A Lexicographical Approach, London: Academic Press.

[ 4 ] Tipsword, H.L., Setzer,F.M., Smith F. M. Jr., 1966. INTERPRETATION OF DEPOSITIONALL ENVIROMENT IN GULF COAST PETROLEUM EXPLORATION FROM PALEOECOLOGY AND REALATED STRATIGRAPHY. Trans, gulf coast ass. Geol. Sc. Vol. XVI, 119-130.

[ 5 ] Tucker, M. E., Wright, V. P., & Dickson, J. A. D. .2009. Carbonate Sedimentology. In Carbonate Sedimentology.

[ 6 ] Tucker, M. E., 1991, Sedimentary Petrology: An Introduction to the Origin of Sedimentary Rocks, Blackwell Scienti_ c Publication, Oxford, 2nd ed.

[ 7 ] Van Bemmelen, R. W. (1949). The Geology of Indonesia. General Geology of Indonesia and Adjacent Archipelagoes. In Government Printing Office, The Hague.

Refbacks