Studi dan Analisis Petrofisika Menggunakan Data Wireline Log pada Blok Tonga Lapangan “HS” Cekungan Sumatera Tengah

Herdiansyah Shorenata Widodo, Hendra Bahar

Abstract

Minyak dan gas bumi masih menjadi sumber daya utama kebutuhan primer saat ini, seiring dengan kebutuhan akan sumber daya minyak dan gas bumi yang terus meningkat. Namun hal tersebut tidak diimbangi dengan jumlah produksi minyak dan gas bumi yang memadai. Oleh sebab itu maka perusahaan migas yang ada di Indonesia melakukan eksplorasi guna mencari sumber daya baru ataupun untuk mengembangkan lapangan-lapangan tua. Lapangan “HS” merupakan salah satu lapangan minyak dan gas milik PT. Energi Mega Persada Tbk yang berada di Cekungan Sumatera Tengah. Lapangan ini memiliki 4 (empat) sumur penghasil minyak dan gas yang sedang berproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik suatu reservoar berdasarkan analisis petrofisika menggunakan data wireline log dan mengetahui keterdapatan hidrokarbon serta jenis hidrokarbon pada Blok Tonga Lapangan HS di Cekungan Sumatera Tengah. Hasil analisis petrofisika menggunakan analisis kualitatif (quick look) didapatkan bahwa keempat sumur di lokasi penelitian memiliki masing-masing zona potensi akan hidrokarbon, sumur HS1 terdapat pada kedalaman 5.134,5 – 6.338,5 ft, sumur HS2 pada kedalaman 5.622 – 6.211,5 ft, sumur HS3 pada kedalaman 5.307 – 6.173,5 ft, dan sumur HS4 pada kedalaman 5.461 – 6.233,5 ft. Menurut analisis secara kuantitatif didapatkan nilai-nilai petrofisika secara total dari keempat sumur yaitu kandungan lempung (Vshale) sebesar 37%, porositas sebesar 21%, dan saturasi air sebesar 26%. Jenis hidrokarbon yang terdapat pada sumur HS1 merupakan gas bumi, sumur HS2 merupakan gas bumi, sumur HS3 merupakan minyak bumi, dan sumur HS4 merupakan gas bumi.

Keywords

petrofisika, wireline log, reservoar.

Full Text:

PDF

References

Anugrah, P.A., 2015, "Evaluasi Formasi Bekasap dan Bangko pada Lapangan Mandala di Cekungan Sumatera Tengah dengan Metode Deterministik", Skripsi, Universitas Indonesia, Jakarta, Tidak dipublikasikan.

Asquith, G., and Krygowski, D., 2004, "Basic Well Log Analysis", 2nd ed., The American Association of Petroleum Geologists (AAPG), Oklahoma.

Crain, E.R., 2000, “Crain’s Petrophysical Handbook”, 3rd ed., Spectrum.

Harsono, A., 1997, "Evaluasi Formasi dan Aplikasi Log", Schlumberger Oilfield Services, Jakarta, Tidak dipublikasikan.

Koesoemadinata, R.P., 1978, “Geologi Minyak Bumi”, Penerbit ITB, Bandung.

Ramdhani, E., 2017, "Perhitungan Cadangan Hidrokarbon Formasi Talang Akar Menggunakan Analisis Petrofisika dan Seismik Inversi AI dengan Pendekatan Map Algebra pada Lapangan Bisma, Cekungan Sumatera Selatan", Skripsi, Universitas Lampung, Bandar Lampung, Tidak dipublikasikan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.