Implementasi Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode SAW di SMP Negeri 9 Surabaya Berbasiswa Website

bagas kurnia farisyi, shah khadafi, budanis dwi meilani

Abstract

Penentuan beasiswa bagi siswa/siswi di lingkungan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 9 kota Surabaya selama ini dilakukan dengan mengacu pada beberapa kriteria yang telah ditetukan oleh pihak sekolah sebelumnya terutama oleh Kepala Sekolah. Beberapa kritetia-kriteria yang akan dijadikan pertimbangan antara lain yaitu Kriteria-kriteria yang digunakan antara lain, keterangan tempat tinggal, penghasilan orang tua, jumlah saudara, nilai matematika, dan nilai bahasa Indonesia. Proses pendaftaran beasiswa selama ini dilakukan dengan cara mengumpulkan berkas-berkas pendaftaran ke bagian administrasi sekolah yang kemudian dilakukan proses penyeleksian siswa/siswi siapa saja yang berhak mendapatkan beasiswa. Ketika proses penentuan beasiswa dilakukan oleh pihak sekolah SMPN 9 Surabaya, khususnya kepala sekolah merasa kesulitan dan kebingungan dikarenakan banyaknya berkas-berkas persyaratan beasiswa yang harus diperiksa dan dinilai satu persatu. Dengan permasalahan tersebut, maka penulis ingin mengembangkan sebuah system berbasiskan website yang dapat melakukan proses penyeleksian dan penilaiah beasiswa bagi siswa/siswi SMPN 9. Penelitian ini menggunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menggunakan Metode yang digunakan yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk proses perangkingan penerima beasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa system yang dikembangkan dapat melakukan perhitungan secara akurat siswa/siswi siapa saja yang akan menerima beasiswa dari SMPN 9 Surabaya.

Keywords

beasiswa, SMPN 9 Surabaya, SPK , SAW, Website

Full Text:

PDF

References

M. A. Salim and S. Khadafi, “RANCANG BANGUN WEBSITE TAS BERBASIS RECOMMENDER SYSTEM DENGAN MENGGUNKAN METODE ITEM BASED COLLABORATIVE FILTERING PADA UKM REVIORA,” p. 10.

S. Khadafi, A. Salim, and R. Prabowo, “Rancang Bangun Website UKM Reviora Tanggulangin Sidoarjo Menggunakan Metode Waterfall Sebagai Media Pemasaran Online,” p. 6, 2019.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2021, “SMPN 9 Surabaya,” Data Pokok Pendidikan - SMP NEGERI 9 SURABAYA, Sep. 2022. https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/CF030483F2D033D7ABA0

B. D. Meilani and A. W. Wardana, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN RESEP MAKANAN BERDASARKAN BAHAN MAKANAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS,” Netw. Eng. Res. Oper., vol. 5, no. 1, p. 15, Apr. 2020, doi: 10.21107/nero.v5i1.146.

L. V. Aprilian and M. H. K. Saputra, Belajar cepat metode SAW. Kreatif, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=SXvtDwAAQBAJ

H. Rico, A. Jimi, and G. Guna Yanti Kemalsari Siregar, “PENILAIAN KINERJA DOSEN MENGGUNAKAN MODIFIKASI SKALA LIKERT DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING,” Explore J. Sist. Inf. Dan Telematika, vol. 9, no. 1, Jun. 2018, doi: 10.36448/jsit.v9i1.1025.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.