PENGGELOMPOKAN JENIS ENGINE MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC

MELLIANTO INDRAWAN, Juniko Pangestu, M Farhan FA, Ismiati Latifah, Wildan Achmad Ikromi, Wahyu Setyo Pambudi

Abstract

Pengguna kendaraan bermotor khususnya roda empat saat ini dikatakan relative tinggi karena mempunyai perananan penting yaitu sebagai sarana transportasi. Oleh karena itu tiap tahun peminatnya semakin meningkat , banyak hal yang harus di perhatikan dalam kendaraan yaitu perawatan pada mesin karena  merupakan bagian sangat penting dalam suatu kendaraan , Sebab itu kita harus sering memperhatikan akan kelayakan pakainya , demi kenyamanan pengguna kendaraan maka industry otomotif menciptakan berbagai tipe mesin pada kendaraan dengan fungsi yang berbeda dan spesifik [1]. Perhitungan daya dan tenaga yang dihasilkan pada saat kendaaran diam hingga kendaraan bergerak menjadi perhatian publik oleh karena itu pada penelitian ini akan dijabarkan beberapa pengelompokan engine berdasarkan parameternya yaitu : kubikasi, torsi dan horse power[2][3]. Untuk pengelompokan ini menggunakan metode fuzzy[1].

Keywords

Mesin, Fuzzy, Power

Full Text:

PDF

References

E. Apriaskar, A. Triwiyatno, and B. Setiyono, “Desain Algoritma Genetika - Kontrol Logika Fuzzy Robust Studi Kasus : Kontrol Torsi Mesin pada Mesin Pembakaran Internal,” Transient, vol. 2, pp. 504–512, 2013.

H. Solikhin, “Daya Dan Torsi Mesin Kijang Innova Menggunakan Pertamax Plus,” Jur. Tek. Mesin Unniversitas Negeri Semarang, pp. 1–49, 2015.

A. Syahbana and G. R. F. Syahrillah, “Kajian Teoritis Tentang Spesifikasi Engine 1Nr-Ve,” Al-Jazari J. Ilm. Tek. Mesin, vol. 3, no. 1, pp. 94–98, 2018, doi: 10.31602/al-jazari.v3i1.1400.

S. Rahmawati, “Perancangan Aplikasi Fuzzy Logic Dalam Menentukan Volume Produksi Menggunakan Metode Mamdani,” J. Teknol. Inf. Pendidik., vol. 10, no. 1, pp. 72–83, 2017.

J. Jufriadi, G. W. Nurcahyo, and S. Sumijan, “Logika Fuzzy dengan Metode Mamdani dalam Menentukan Tingkat Peminatan Tipe Motor Honda,” J. Inform. Ekon. Bisnis, vol. 3, pp. 7–11, 2020, doi: 10.37034/infeb.v3i1.60.

D. A. Puryono, “Metode Fuzzy Inferensi System Mamdani Untuk Menentukan Bantuan Modal Usaha Bagi UMKM Ramah Lingkungan,” J. STIMIKA, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2014.

R. A. Septiawan, “Implementasi logika fuzzy mamdani untuk menentukan harga gabah,” Skripsi dinus.ac.id, pp. 1–13, 2009.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.