IMPLEMENTASI RFID-EKTP BERBASIS WEB PADA PENGGAJIAN CV.AW

dhio setyo nugroho, Siti Nurmuslimah

Abstract

Absensi adalah dokumen yang mencatat jam hadir setiap karyawan di perusahaan. Pencatatan absensi merupakan hal yang penting karena dapat mempengaruhi gaji bersih/take home pay yang akan diterima oleh karyawan setiap bulannya. Namun, masih ada perusahaan yang menggunakan cara manual dalam melaksanakan system pencatatan absensi karyawan sehingga terdapat kemungkinan kesalahan dan memerlukan waktu yang lama dalam perhitungan gaji karyawan. Oleh karena itu diperlukan komputerisasi system informasi berbasis internet of things yang dapat memberikan kemudahan dan keakuratan dalam penyajian system perhitungan gaji karyawan. CV AW merupakan perusahaan berkembang yang memproduksi kertas gosok (amplas). Penelitian ini telah menghasilkan sebuah prototype alat untuk absensi karyawan menggunakan RFID e-KTP berbasis internet of things yang dirancang dengan mikrokontroler wemos dan RFID reader MFRC522 serta sebuah website untuk mengontrol atau memonitoring absensi dan system penggajian karyawan. Hasil berdasarkan pengujian error rate mendapatkan tingkat akurasi sebesar 90% yang mana dilakukan percobaan sebanyak 10 kali pada beberapa e-KTP, dapat diketahui bahwa 9 dari 10 data berhasil terkirim dengan baik ke server. Tingkat akurasi ini cukup besar karena dalam 10 kali percobaan hanya terjadi kegagalan 1 kali.

Keywords

absensi, rfid, wemos, e-KTP, penggajian

Full Text:

PDF

References

Adam, Wahyu, Sagala, Lamhot. 2014. Sistem Absensi Pegawai Menggunakan Teknologi RFID. Bandung, STMIK LPKIA.

Ari Juels. 2005. RFID Security and Privacy: A Research Survey.

Faruq Amali. 2016. Perancangan Sistem Pengajian Guru Menggunakan RFID (Radio Frequency Identification).

Graafstra, A. 2007. How Radio-Frequency Identification and I Got Personal.

Julian Onibala, Arie S.M. Lumenta, Brave A. Sugiarso. 2015. Perancangan Radio Frequency Identification (RFID) Untuk Sistem Absensi Berbasis Mikrokontroler ATmega 8535.

Sinaga, Nopensius. 2011. Sistem Dasar Pembuatan Kunci Pintu Elektronik Menggunakan RFID Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 8535. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Supriatna, Dedi. 2007. Studi Mengenai Aspek Privasi pada Sistem RFID. (skripsi) Sekolah Teknik Elektro Dan Informatika Institut Teknologi Bandung.

Tarigan. 2004. Integrasiteknologirfid Dengan Teknologi Untuk Otomatisasi Data. Jurnal Teknik Industri Vol:. 6, No.2, DESEMBER 2004.

United States Government Accountability Office. 2005. Information Security : Radio Frequency Identification Technology in the Federal Government.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.