Penerapan Lean Construction pada Proyek Perumahan terhadap Waste Material

Felicia Tria Nuciferani, M. Ferdaus N. Aulady, Siti Choiriyah, Daniel S.B. Sumarsono

Abstract

Lean construction berfungsi untuk menghilangkan proses yang tidak menambah nilai atau proses yang menimbulkan waste dan meningkatkan proses yang dapat menghasilkan nilai tambah pada proyek konstruksi. Pada proyek pembangunan perumahan sering kali ditemukan permasalahan yang menimbulkan terjadinya waste material seperti tidak layaknya tempat penyimpanan material dan banyak pekerjaan bongkaran akibat perubahan desain. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan pekerjaan yang berpotensi besar dalam menimbulkan waste material dengan menggunakan analisis pareto. Berdasarkan hasil analisis pareto maka berlanjut ke pehitungan waste level. Identifikasi waste menggunakan wawancara yang bersifat semi struktur dilakukan kepada lima narasumber. Dari analisis yang dilakukan pekerjaan yang berperan besar dalam timbulnya waste material pada proyek adalah pekerjaan struktur beton pada lantai basement dan lantai satu yaitu pekerjaan besi f8 dengan waste level sebesar 5,29%. Dari proses identifikasi, waste material tersebut terjadi diakibatkan oleh 3 proses yaitu defect, over production, dan inventory.

Keywords

Lean construction; waste; analisis pareto; waste level

Full Text:

PDF

References

H. Jasri, A. Anwardi, and M. I. Hamdy, “Identifikasi Waste Proyek Konstruksi Jalan dengan Menggunakan Metode Lean Project Management,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, p. 115, 2020.

T. Ramadhan et al., “Evaluasi Waste Dan Carbon Footprint Dalam Konsep,” J. Karya Tek. Sipil, vol. 6, no. 2010, pp. 336–346, 2017.

R. A. Adlin, “Analisa Waste Material Konstruksi Dengan Aplikasi Metode Lean Construction,” pp. 1–92, 2016.

A. Rahman, “Pendekatan Lean Sigma Meminimasi Waste Pada Proses Pengemasan Industri,” 2010.

A. Herliandre and F. Suryani, “Penerapan Konstruksi Ramping ( Lean Construction ) pada Pembangunan Gedung di Bintaro,” J. IKRA-ITH Teknol., vol. 2, no. 7, pp. 34–41, 2018.

S. Intan, R. S. Alifen, and L. Arijanto, “Analisa Dan Evaluasi Sisa Material Konstruksi :,” Civ. Eng. Dimens., vol. 7, no. 1, pp. 36–45, 2005.

C. Formoso, T. Bølviken, J. Rooke, and L. Koskela, “A conceptual framework for the prescriptive causal analysis of construction waste,” Proc. IGLC 23 - 23rd Annu. Conf. Int. Gr. Lean Constr. Glob. Knowl. - Glob. Solut., vol. 2015-Janua, pp. 454–462, 2015.

A. B. Siswanto and K. Dewi, “Penerapan Manajemen Material Pada Proyek Konstruksi Di Sumba (Studi Kasus Di Kabupaten Sumba Tengah),” J. Tek. Sipil, no. May, 2018.

F. T. Nuciferani, T. Sipil, F. Sipil, I. Teknologi, and A. Surabaya, “EVALUASI WASTE PADA PROYEK PEMBANGUNAN SEKOLAH DENGAN METODE FISHBONE,” vol. 7, no. 1, pp. 3–8, 2022.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.