Penerapan Algoritma Fp-Growth Untuk Menentukan Paket Hemat Toko XYZ Sebagai Strategi Penjualan

Rani Rotul Muhima, Citra Nurina Prabiantissa, Muchamad Kurniawan, Lukita Selmakaramy

Abstract

Salah satu permasalahan industri rumahan adalah manajemen pemasaran. Hal ini juga dialami oleh Toko XYZ. Penumpukan produk yang terlalu lama dengan batas kadulawarsa yang pendek dapat menimbulkan kerugian. Salah satu strategi penjualan yaitu dengan product bundling atau paket hemat. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi dalam menentukan paket hemat produk Toko XYZ. Penentuan paket hemat dengan menggunakan metode FP-Growth. Paket hemat ditentukan berdasarkan rule FP-Growth dari transaksi penjualan yang memiliki minimum support kecil. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data transaksi penjualan toko XYZ bulan Januari 2020 sampai Mei 2021. 80 % dataset digunakan sebagai data training dan 20 % digunakan sebagai data uji. Pencarian rule FP-Growth  dilakukan dengan variasi minimum support. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh 14 rules pada minimum support 1% dan minimum confidence 20%. Nilai confidence tertinggi adalah 0.4375 pada kombinasi kripik pare dan krupuk ikan. Hasil tersebut masih tergolong rendah untuk nilai ukuran nilai confidence dapat diterima kepastiannya. Hal ini disebabkan karena data yang digunakan terlalu sedikit

Keywords

Data Penjualan, Fp-Growth, Paket hemat

Full Text:

PDF

References

S. Sarfiah, H. Atmaja, and D. Verawati, “UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa,” J. REP (Riset Ekon. Pembangunan), vol. 4, no. 2, pp. 1–189, 2019, doi: 10.31002/rep.v4i2.1952.

A. Fawaid and E. Fatmala, “Home Industry Sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat,” Al Qalam J. Ilm. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 14, no. 1, p. 109, 2020, doi: 10.35931/aq.v14i1.342.

T. Aspiranti, “Potensi dan kendala usaha mikro kecil dan menengah,” J. Manaj. dan Bisnis, pp. 35–53, 2008, [Online]. Available: http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/6076%0Ahttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/performa/article/viewFile/6076/3279

A. Wijaya and L. Kinder, “Pengaruh Price Bundling dan Product Bundling terhadap Niat Membeli yang Dimoderasi oleh Barang Komplementaritas,” J. Manaj., vol. 17, no. 1, pp. 28–38, 2020, doi: 10.25170/jm.v17i1.866.

S. . Harahap and A. Nastuti, “Teknik Data Mining untuk Penentuan Paket Hemat Sembako dan Kebutuhan Harian dengan menggunakan Algoritma FP-Growth (Studi Kasus di Ulfamart Lubuk Alung),” Inform. J. Ilm. Fak. Sains dan Teknol., vol. 7, no. September, pp. 111–119, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika/article/view/1381

R. R. Muhima, M. Kurniawan, S. R. Wardhana, A. Yudhana, and Sunardi, Kupas Tuntas Algoritma Clustering Konsep, Perhitungan Manual dan Program, I. Penerbit Andi, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books/about/KUPAS_TUNTAS_ALGORITMA_CLUSTERING_KONSEP.html?id=H55rEAAAQBAJ&redir_esc=y

A. Ikhwan, D. Nofriansyah, and Sriani, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Fp-Growth untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan ( Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma ),” Saintikom, vol. 14, no. 3, pp. 211–226, 2015.

R. M. Anggraeni, “Perbandingan Algoritma Apriori dan Algoritma FP-Growth untuk Perekomendasi Pada Transaksi Peminjaman Buku di Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro,” Tek. Inform., pp. 1–6, 2014.

R. Fitria, W. Nengsih, and D. H. Qudsi, “Implementasi Algoritma FP-Growth Dalam Penentuan Pola Hubungan Kecelakaan Lalu Lintas,” J. Sist. Inf. ( J. Inf. Syst. ). 2/13 ( 2017 ), 118-124, vol. 13, no. 1, pp. 118–124, 2017, [Online]. Available: https://jsi.cs.ui.ac.id

Y. D. Lestari, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Fp-Tree Dan Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Obat,” Snastikom, no. Snastikom, pp. 60–65, 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.