ANALISIS KONSUMSI ENERGI BATERAI DAN STEERING SYTEM MOBIL LISTRIK EAZY PARKING PENGGERAK 2 MOTOR BLDC

Ayu Setyaning Sayekti Poesoko, Bambang Setyono, Aldi Novianto

Abstract

Mobil listrik menggunakan 2 penggerak BLDC dengan tegangan 1 BLDC nya 350w. Dengan inovasi Easy Parking. Easy parking yaitu suatu inovasi yang dibuat untuk memudahkan dalam melakukan sebuah parkir dengan jarak yang terbatas sempit, dengan cara mobil bisa berjalan minggir secara parallel. Pengujian menggunakan sebuah alat bantu busur derajat, stopwacth dan watt meter. Hasilnya, dari pengujian baterai di dapat 10 Km/Jam 1 orang penumpang di dapat 4,13 Jam dan jarak 36,8 km. Dalam penggunaan 20 Km/Jam 1 orang penumpang di dapat 2,28 jam dan Jarak 45,6 km. Dan yang terakhir untuk penggunaan kecepatan penuh di dapat 1,16 jam dan.jarak 32,4 km. Selanjutnya dalam penggunaan 10 Km/Jam 2 orang orang penumpang di dapat 2,48 Jam dan jarak 24,48 km. Dalam penggunaan 20 Km/Jam 2 orang penumpang di dapat 1,65 jam dan Jarak 33 km. Dan yang terakhir untuk penggunaan kecepatan penuh penumpang 2 orang di dapat 1,04 jam dan jarak 26 km. Semakin tinggi kecepatan dan beban maka juga akan berkuran waktu dan jarak tempuhnya. Dan hasil percobaan konsumsi energi baterai pada Eazy parking didapatkan hasil untuk 1 orang sebesar 21,55w, Sedangkan hasil percobaan 2 orang penumpang konsumsi dayanya sebesar 29,35w. Untuk hasil Perhitungan momen di dapatkan 13,05Nm dari orang penumpang dan untuk perhitungan momen steering 2 orang penumpang sebesar 19,81Nm

Keywords

E-car, Konsumsi baterai, Kecepatan, Easy parking, Energi alternatif

Full Text:

PDF

References

Wawan Gunadi, “Analisis Konsumsi Baterai Pada Mobil Listrik 2 Killowatt (KW),” no. 71, pp. 1–6, 2015.

B. S. Kaloka, S. B. Utomo, H. M. Al Atas, and ..., “Pengembangan Model Baterai Timbal Asam Berbasis Kecerdasan Buatan,” Semnaskit 2015, pp. 91–95, 2018, [Online].Available:https://publikasi.polije.ac.id/index.php/SEMNASKIT2015/article/v iew/987

R. Hendra, E. Yadie, and A. Arbain, “Analisis Konsumsi Daya Mobil Listrik Dengan Penggerak Motor Brushed DC,” PoliGrid, vol. 2, no. 1, p. 24, 2021, doi: 10.46964/poligrid.v2i1.721.

R. Mulyadi, K. D. Artika, and M. Khalil, “Perancangan Sistem Kelistrikan Perangkat Elektronik Pada Mobil Listrik,” Elem. J. Tek. Mesin, vol. 6, no. 1, p. 07, 2019, doi: 10.34128/je.v6i1.85.

A. Penentuan Kapasitas Baterai dan Pengisiannya pada Mobil Listrik, I. Susanti, C. R. dan Anton Firmansyah, and C. R. dan Anton Firmansyah Politeknik Negeri Sriwijaya, “Analisa Penentuan Kapasitas Baterai Dan Pengisiannya Pada Mobil Listrik,” Elektra, vol. 4, no. 2, pp. 29–37, 2019.

W. Yantoro, Dwi, “Analisis Efisiensi Penggunaan Baterai Lithium Polymer 48 V 25 Ah Pada Sepeda Motor Listrik Yang di Rancang Bangun Dengan Daya 3 KW,” Tugas Akhir, Univ. Sumatera Utarakhir, 2019, [Online]. Available: https://library.usu.ac.id

Refbacks

  • There are currently no refbacks.