KELAYAKAN IMPLEMENTASI IPv6 PADA KOMPUTER SERVER SEBAGAI DATA SHARING DAN PRINTER SHARING MENGGUNAKAN CUPS

Shah Khadafi, Muhammad Silaturrachman

Abstract

Komputer server dibutuhkan ketika jaringan lokal digunakan oleh banyak client mengakses sebuah data. Jaringan LAN kebanyakan digunakan karena memang mudah dalam rancangan maupun juga dalam implementasinya. Pada umumnya di dalam jaringan komputer, client terhubung ke server biasanya menggunakan alamat TCP/IP. Alamat IP umum digunakan adalah IP versi 4, sekarang dikembangkan IP versi 6 atau yang lebih dikenal dengan IPv6. IPv6 dikembangkan oleh IETF selaku organisasi yang mengatur permasalahan konektifitas perangkat elektronik. IPv6 dikembangkan guna menjawab permasalahan mengenai keterbatasan IPv4. IPv6 memiliki bit (128 bit) lebih banyak dari pada IPv4 (32 bit), dengan demikian jumlah host yang tersedia untuk koneksi pada sebuah jaringan lebih banyak dibanding IPv4. Tulisan ini, kami mencoba penggunaan alamat IPv6 yang digunakan untuk koneksi topologi jaringan peer-to-peer. Tujuan sistem ini IPv6 sebagai layanan data sharing dan printer sharing. Dengan mekanisme CUPS (common unix printing system) yang dapat digunakan untuk manajemen printer server. Hasil akhir, mengindikasikan keberhasilan rancangan sistem ini yang diimplementasikan menggunakan alamat IPv6. Hasilnya komputer-komputer yang terkoneksi dalam jaringan peer-to-peer dapat saling berkirim data dan mencetak data pada printer. Kata kunci: IPv6, peer-to-peer, data sharing, printer server, cups

Full Text:

PDF

References

Shah Khadafi, Budanis Dwi Meilani, Septian Arief Hidayat. Pengukuran Kompatibilitas Performa Komputer Server Menggunakan Jmeter Pada Raspberry Pi Dan PC Sebagai Layanan Web Server. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan V. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. ISBN 978-602-98569-1-0. 2017.

http://jaringankomputer.org/teknologi-jaringan-komputer/.

Mark A.Dye, Rick McDonald, Antoon W.Rufi. Network Fundamental - CCNA Exploration Guide. Indianapolis. Cisco Press, Cisco System, 2008.

Rahmat Rafiudin, IPv6 Addressing, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2005.

Shah Khadafi, Budanis Dwi Meilani, Samsul Arifin. Sistem Keamanan Open Cloud Computing Menggunakan Menggunakan IDS (Intrusion Detection System) Dan IPS (Intrusion Prevention System). Jurnal IPTEK Media Komunikasi Teknologi, Jurnal E-ISSN: 2477-507X (online), ISSN 1411-7010 (print), Vol. 21 Issu-No.2, Halaman: 67 – 76, Desember 2017.

http://www.xpresprint.com/fungsi-dan-cara-kerja-printer-server.html

http://www.teorikomputer.com/2017/04/ip-address-ipv6-pengertian-fungsi-dan.html

https://superuser.com/questions/692444/how-do-i-access-a-file-share-in-the-windowsexplorer-using-an-ipv6-address [9] https://help.ubuntu.com/lts/serverguide/cups.html.en

Refbacks

  • There are currently no refbacks.