Penerapan Konsep Dinamis pada Bentuk Bangunan Creative Hub di Kota Surabaya

Keevin William Septianto Djaguna, Sigit Hadi Laksono, Esty Poedjioetami

Abstract

Kota Surabaya yang terkenal akan kota industri dengan mayoritas masyarakatnya bekerja di bidang industri, jasa, dan perdagangan memiliki peluang untuk mengembangkan creative hub sebagai pusat fasilitas yang mewadahi para pelaku industri kreatif sehingga dapat mengembangkan ekosistem kreatif yang baik. Namun sayangnya mayoritas bentuk bangunan industri memiliki tipologi yang sederhana dan kurang menarik minat pengunjung menuju bangunan. Sehingga bentuk yang kreatif sebagai identitas bangunan creative hub tidak tergambar. Konsep dinamis yang diterapkan diharapkan mampu memberikan tampilan yang menarik sekaligus sebagai pembeda dari bangunan industri lain mengingat identitas bangunan sebagai bangunan kreatif. Dari hasil rancangan penerapan konsep dinamis ditandai dari orientasi bangunan yang dibuat miring menghadap kearah utara, dan perbedaan massa lantai bangunan sekaligus penerapan selubung bangunan yang memiliki pola berbeda disetiap sisi sebagi representasi industri kreatif yang diwadahi, seperti kriya, fashion dan musik sehingga dapat menghadirkan kesan visual yang berbeda ketika pengamat meilihat ke dalam site sesuai arah pandangnya

Keywords

creative hub; bentuk; kreatif; konsep dinamis

Full Text:

PDF

References

Ching, Francis D.K. (1996). Arsitektur : Bentuk, Ruang dan Susunanya, Vol. 7, p. 47-48, p. 63-65.

Ernst, Peter Neufert. (1996). Neufert Architect’s Data, Vol.1 , p. 65-70.

Bussel, Michael. (2001). Book Reviews: Rowland Mainstone’ Structure in Architecture: History,Design, and Innovation. Construction History Journal, Vol.17, p.101.

Abdel, Hana, “Bogor Creative Hub / Local Architecture Bureau”, 2021. [Online]. Available: https://www.archdaily.com/963703/bogor-creative-hub-local-architecture-bureau?ad_source=search&ad_medium=projects_tab. [Accessed: 27-Jul-2022].

Srikandi, Mutiara, “Perancangan Galeri Industri Kreatif Kotalama Semarang”, 2021. [Online]. Available: http://digilib.isi.ac.id/9035/. [Accessed: 28-Jul-2022].

Jatmiko., Ajeng, Kusumadewi Putri, “Perancangan Interior Ruang Publik Bandung Creative Hub”, 2020. [Online]. Available: http://digilib.isi.ac.id/6257/. [Accessed: 28-Jul-2022].

Maghfirah, P.E., Irwansyah, Mirza., Huda Khairul, “Penerapan Konsep Arsitektur Organik pada Perancangan Pusat Kreativitas Remaja di Banda Aceh”, 2020. [Online]. Available: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Penerapan+Konsep+Arsitektur+Organik+pada+Perancangan+Pusat+Kreativitas++Remaja+di+Banda+Aceh&btnG=. [Accessed: 28-Jul-2022].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.