SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI SURABAYA MENGGUNAKAN METODE F-AHP (FUZZY ANALITYCAL HIERARCY PROCESS)

Adjie Sulaiman, Rachman Arief, Andy Rachman, muliawati Cahya Eka

Abstract

SMK (Sekolah Menengan Kejuruan) merupakan lembaga pendidikan yang mendidik siswanya untuk siap bekerja di dunia kerja. Menurut Kemendikbud dalam modul grand design pengembangan teaching factory dan technopark di SMK, SMK adalah salah satu jalur pendidikan formal yang menyiapkan lulusannya untuk memiliki keunggulan di dunia kerja.. Tujuan pendidikan di SMK adalah membentuk lulusan yang siap memasuki dunia kerja, dipekerjakan, atau sebagai wiraswasta. Tuntutan Kemendikbud untuk program pendidikan SMK harus dapat menyiapkan sumber daya manusia yang siap memasuki dunia kerja, memiliki kepemimpinan tinggi, disiplin, professional, handal dibidangnya dan produktif. Untuk membantu siswa dalam memilih sekolah sesuai kriteria, maka dibuatlah sebuah sitem pendukung keputusan dalam memilih sekolah kejuruan yang mereka inginkan menggunakan metode FUZZY ANALITYCAL HIERARCY PROCESS(F-AHP). Metode ini merupakan gabungan metode AHP dengan pendekatan konsep Fuzzy. F-AHP menutupi kelemahan yang terdapat pada AHP,yaitu permasalahan terhadap kriteria yang memiliki sifat subjektif lebih banyak Untuk mengetahui hasil akurasi sistem, dilakukan uji coba sebanyak 20 kali pengujian terhadap sistem sehingga dapat di ketahui persentase keakuratan pada sistem ini sebesar 80 %

Keywords

Sistem Pendukung Keputusan; Fuzzy AHP

Full Text:

PDF

References

Elveny, Marischa, and Rahmadsyah. (2014). “Analisis Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process ( Fahp ) Dalam Menentukan Posisi Jabatan.” TECHSI - Jurnal Penelitian Teknik Informatika 4(1):111–26.

Fajri, Muhammad. (2017). “Implementasi Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (F-AHP) Dalam Penentuan Peminatan Di MAN 2 Kota Serang.”

Latif, Lita Asyriati, Mohamad Jamil, and Said H. I. Abbas. (2018). Buku Ajar: Sistem Pendukung Keputusan Teori Dan Implementasi. Deepublish.

Prehanto, Dedy Rahman, S. Kom, and M. Kom. (2020). Buku Ajar Model Sistem Pendukung Keputusan Dengan AHP Dan IPMS. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Rivai, Dani Ainur, and Bambang Eka Purnama. (2013). “Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Huda Ngadirojo.” IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security 3(2).

Kadir. (2013). Pengertian Personal Home Page. Yogyakarta: Mediakom.

Sidik. (2014). Pemrograman Web Dengan PHP. Solo: Santika Kencana.

Arief, Rachman. (2018). Aplikasi Pembayaran dan Perizinan Santri Ponpes Assalafi Al Fithrah Surabaya Berbasis Web. Jurnal IPTEK, Volume 22, 71-78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.