Analisis Permintaan Pelanggan Menggunakan Metode Forecasting Pada Produk Paving Blok Ukuran 6 (Studi Kasus di PT. XYZ)

Muhammad Iqbal Ikhsan, Suparto Suparto, Gatot Basuki HM

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan yang masih termasuk dalam lingkup usaha unit desa (UD) yang telah berdiri sejak tahun 2009  dan berperan sebagai produsen yang memproduksi produk seperti paving blok dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Perusahaan sekarang dihadapkan dengan permasalahan dimana jumlah permintaan dari konsumen yang selalu berubah Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan tiga metode peramalan yang dapat digunakan berdasarkan pola grafik peramalan data historis, menentukan metode peramalan yang tepat dengan tingkat kesalahan paling kecil berdasarkan dari ketiga metode tersebut pada permintaan produk paving blok ukuran 6 di PT. XYZ. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu grafik peramalan yang memilki pola horizontal dikarenakan fluktuasi nilai berada disekitar nilai rata-rata maka perhitungan peramalan permintaan diketahui bahwa terdapat tiga metode yang digunakan yaitu; Metode Moving Average, Exponential Smoothing, dan metode seasonal. Sehingga Metode yang paling tepat digunakan dalam menganalisis data dengan memiliki tingkat kesalahan paling kecil dari ketiga metode yang digunakan pada produk paving blok ukuran 6 untuk ramalan 12 bulan kedepan yaitu menggunakan Metode Seasonaldengan nilai MAPE sebesar 68,1; MAD sebesar 42,461; MSE sebesar 2469,402 dan nilai bias sebesar -0,028.

Keywords

Peramalan, Moving Average, Exponential Smoothing, Seasonal

Full Text:

PDF

References

S. Tirtayasa, A. P. Lubis, and H. Khair, “Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen,” J. Inspirasi Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. 1, p. 67, 2021, doi: 10.33603/jibm.v5i1.4929.

T. Ramadhani, B. Budimansyah, and Vi. F. Sanjaya, “PENGARUH RATING DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI PEMEDIASI PADA MARKETPLACESHOPEE DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung),” REVENUE J. Manaj. Bisnis Islam, vol. 2, no. 2, pp. 143–162, 2021, doi: 10.24042/revenue.v2i2.9623.

S. Mulyani, D. Hayati, and A. N. Sari, “Analisis Metode Peramalan (Forecasting) Penjualan Sepeda Motor Honda Dalam Menyusun Anggaran Penjualan Pada Pt Trio Motor Martadinata Banjarmasin,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 14, no. 1, pp. 178–188, 2021.

& R. Unyun, Adi, “ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) Siti Zahrotul Uyun 1 , Adi Indrayanto 1 , Retno Kurniasih 1* 1,” vol. 22, no. 1, pp. 103–113, 2020.

S. Wardah and I. Iskandar, “ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN PRODUK KERIPIK PISANG KEMASAN BUNGKUS (Studi Kasus : Home Industry Arwana Food Tembilahan),” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 11, no. 3, p. 135, 2017, doi: 10.14710/jati.11.3.135-142.

R. Rahmadayanti, B. Susilo, and D. Puspitaningrum, “Perbandingan keakuratan metode autoregressive integrated moving average dan exponential smoothing pada peramalan penjualan semen di PT Sinar Abadi,” J. Rekursif, vol. 3, no. 1, pp. 23–36, 2015.

M. Soeharto, S. Rostianingsih, L. W. Santoso, J. Siwalankerto, and N. Surabaya, “Penerapan Metode Multiplicative Decomposition dan Autoregressive Integrated Moving Average dalam Prediksi Penjualan Produk Manufaktur pada PT . XYZ,” 1990.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.