PENENTUAN PRODUKSI OPTIMAL UNTUK PEMBUATAN PANCI ALUMUNIUM TRADIONAL DENGAN PENDEKATAN SISTEM ANTRIAN (Studi Kasus: Home Industry Ngingas- Waru Sidoarjo)

Moch Kalam Mollah, Rony Prabowo

Abstract

Desa Ngingas di wilayah Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo Waru merupakan pusat industri rumah tangga yang bergerak di bidang logam dan banyak menghasilkan produk-produk untuk keperluan rumah tangga. Dalam produksi ini masih belum dilakukan perhitungan waktu produksi optimal sehingga belum dapat ditentukan produksi yang produktif, efektif dan efisien. Penelitian ini melakukan perhitungan analisa untuk menentukan waktu optimal pada pembuatan panci alumunium tipe besar (volume 22 liter) dengan pendekatan simulasi antrian untuk mengetahui waktu standar, waktu normal, waktu siklus, waktu tunggu antrian, dan sebagainya. Dari hasil ini maka produsen dapat menentukan pengambilan keputusan terkait dengan banyak hal seperti penentuan harga jual, target produksi per pekerja, serta waktu kelonggaran yang diperlukan oleh pekerja. Pendekatan simulasi antrian juga dapat berpengaruh pada pertimbangan beberapa kebijakan seperti penentuan stasiun kerja, penjadwalan, serta fleksibilitas produksi laiinya. Dengan demkian maka terlihat dari beberapa simulasi antrian maka dapat ditentukan waktu ideal produksi dan target kerja yang dapat disepakati oleh usaha dan pekerja.

Keywords

simulasi, efektif, produksi, siklus, standar

Full Text:

PDF

References

Listiyani R, Linawati L, Sasongko LR. Analisis Proses Produksi Menggunakan Teori Antrian Secara Analitik dan Simulasi. Jurnal Rekayasa Sistem Industri. 2019 Apr 30;8(1):9-18.

Sugiarto F, Buliali JL. Implementasi Simulasi Sistem untuk Optimasi Proses Produksi pada Perusahaan Pengalengan Ikan. Jurnal Teknik ITS. 2012 Sep 11;1(1):A236-41.

Wibowo A, Ramadian D. Model simulasi kinerja produksi teh untuk minimisasi work-in-process. Jurnal Optimasi Sistim Industri (JOSI). 2011 Oct 24;8(1).

Mollah MK, Prabowo R. Analisa Kepuasan Pelanggan dan Pengembangan Desain Proses Pelayanan pada Swalayan Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya. InProsiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan 2021 Mar 9 (Vol. 1, No. 1, pp. 337-348).

Syahputri TA, Setifani NA, Ningrum KP, Rolliawati D. Pemodelan dan simulasi proses produksi peralatan bayi pada home industri Puppy Putra Perdana. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer. 2020;11:24-31.

St Salammia LA, Ariyanto D. Simulasi Keseimbangan Lintasan Proses Dalam Upaya Mengoptimalkan Waktu Proses Produksi Eternit. Jurnal Flywheel. 2010 Jun 25;3(1):36-45.

Prabowo R, Aditia R. Analisis Produktivitas Menggunakan Metode POSPAC dan Performance Prism Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja (Studi Kasus: Industri Baja Tulangan di PT. X Surabaya). Jurnal Rekayasa Sistem Industri. 2020 Apr 30;9(1):11-22.

Arungpadang TA. Simulasi Sistem Manufaktur - Studi Kasus: Proses Produksi Brake Drum Coupling. Jurnal Tekno Mesin. 2021 Mar 30;1(3).

Saptadi S, Fanani Z, Kurniawan B. Manajemen Montir dalam Perbaikan Mesin berdasarkan Simulasi Discrete-Event (Studi Kasus: PT. ISTW Semarang). J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri.;2(2):22-7.

Hadi MZ, Djatna T. Pemodelan Antrian Sistem Pengambilan Pesanan Produk Pada Gudang Minuman Ringan Dengan Sistem Rak Drive-In. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. 2017;27(3).

Sari IP, Wahyu R. Sistem Produksi Kelapa Sawit dan Karet Dengan Membandingkan Hasil Produksi Menggunakan Simulasi (Studi Kasus: Kabupaten Kuantan Singingi). Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab. 2019 Jan 10;4(1):20-31.

Dewanti RN. Analisa Antrian Pengerjaan Benang Heat Technology Dengan Metode Jackson Network di PT. Kurabo Manunggal Textile Industries. Teknologi: Jurnal Ilmiah dan Teknologi. 2018 Jun 29;1(1):18-26.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.