Pendampingan dan Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Produksi dan Bisnis Dalam Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Siswa SMKN 3 Buduran Sidoarjo

IGA Sri Deviyanti, Dedy Kunhadi, Bambang Sutejo, Achmad Chusaini

Abstract

Pengembangan minat kewirausahaan pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipandang strategis untuk menyiapkan generasi mendatang yang produktif dan berkarakter. Teknologi dalam bidang industri Perkapalan khususnya, menjadi sarana bagi SMKN 3 Buduran untuk memberi pembelajaran secara cepat, dan jelas dalam pembelajaran kewirausahaan berbasis produksi dan bisnis. Untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan tersebut, dan dengan tujuan untuk menjadi sekolah bagi para pengusaha pemula di Indonesia, SMKN 3 Buduran Sidoarjo melakukan kerjasama Triple Helix dengan Universitas WR Supratman, dan pihak DUDI (Dunia Industri). Kerjasama dengan Universitas WR Supratman Surabaya dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Materi pelatihan antara lain : tentang analisis keuangan untuk pengambilan keputusan, branding, content & social media dan lain lain.

Keywords

Kewirausahaan, Triple helix, Pelatihan Kewirausahaan, pengembangan minat

Full Text:

PDF

References

C. F. Moore, “Understanding Entrepreneurial Behavior: A Definition and Model.,” in Academy of Management Proceedings, 1986, vol. 1986, no. 1, pp. 66–70.

J. Widodo, “Kewiraswastaan dalam Perspektif Teoritis,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 10, no. 2, 2017.

M. Dollinger, Entrepreneurship. Marsh Publications, 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.