Implementasi Metode Certainty Factor pada Diagnosa Penyakit Lambung

Budanis Dwi Meilani, Herninda Febrianti, Resa Uttungga

Abstract

Penyakit Lambung mudah sekali menyerang tubuh manusia pada rentang usia  apapun dan dibutuhkan seorang pakar untuk menangani penyakit ini. Namun sayangnya, seorang pakar tidak bisa setiap saat menangani pasien dengan penyakit ini dikarenakan waktu serta tenaga yang dimiliki oleh pakar terbatas. Dari permasalahan tersebut, maka dibuatlah suatu sistem pakar diagnosa penyakit lambung menggunakan metode CF (Certainty Factor) untuk membantu masyarakat dalam mendiagnosa penyakit lambung disertai saran pengobatannya. Certainty Factor merupakan metode yang mendefinisikan ukuran kepastian terhadap fakta atau aturan untuk menggambarkan keyakinan seorang pakar terhadap masalah yang sedang dihadapi.  Sistem ini berbasis website, sehingga nantinya sistem ini dapat diakses oleh masyarakat luas secara online melalui internet dimana saja dan kapan saja. Berdasarkan hasil dari 30 kali pengujian, sistem ini mempunyai tingkat akurasi sebesar 80%.

Keywords

Penyakit Lambung;Sistem Pakar; Certainty Factor

Full Text:

PDF

References

Joko S Dwi Raharjo. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Lambung. Jurnal Sisfotek Global.

Ayu Hanifah Aji. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor (CF). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer: 2127-2134.

Gunawan Rudi Cahyono. (2013). Implementasi Certainty Factor pada Sistem Pakar untuk Diagnosa Penyakit Tanaman Jagung Menggunkan SMS Gateway. Jurnal INTEKNA: 131-136.

Budanis Dwi Meilani, Muhammad Syahrul Munir (2022). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Menyerupai COVID-19 Menggunakan Metode Certaity Factor erai Website. SNESTIK 43-48.

Khairina Eka Setyaputri (2018). Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT. Jurnal Teknik Elektro.

Mohammad Arifin, Slamin, dan Windi Eka Yulia Retnani. (2017). Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau. Skripsi Universitas Jember (UNEJ).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.