PENGARUH BENTUK MIXER TETRAHEDRON, CUBE, DODECAHEDRON TERHADAP UJI MUTU FISIK TABLET PARACETAMOL MENGGUNAKAN MIXER GANDA 3D

bambang setyono, Fahmi Ardianti Purnawiranita, Mirza Baskoro Saputra

Abstract

Obat adalah bahan yang digunakan untuk pencegahan, pemulihan, maupun peningkatan kesehatan manusia. Obat flu dan batuk dalam sediaan sirup harus memenuhi persyaratan kualitas obat sebelum diedarkan ke pasaran. Stabilitas farmasi merupakan salah satu kriteria yang amat penting untuk suatu hasil produk obat yang baik. Kepadatan obat sangatlah berbeda-beda. Sehingga dalam proses pencampurannya membutuhkan upaya lebih untuk mendapatkan hasil pencampuran yang diinginkan. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengembangkan atau memaksimalkan mesin pengaduk obat-obatan yang sudah ada sebelumnya. Untuk pengujian sifat alir tablet didapatkan data berikut hasil tercepat pada bentuk dodecahedron dengan pengadukan 1 menit yaitu 1,18 detik, dan terlama pada bentuk tetrahodron dengan pengadukan 1 menit yaitu 1,69 detik. Untuk pengujian kekerasan tablet didapatkan data berikut hasil tertinggi pada bentuk cube pada angka 6 kg, dan terendah pada bentuk dodecahedron pada angka 4,2 kg. Untuk pengujian kerapuhan tablet didapatkan data berikut hasil tercepat pada bentuk cube dengan pengadukan 1 menit yaitu 0,02%, dan terlama pada bentuk dodecahedron dengan pengadukan 1 menit yaitu 0,13%. Untuk pengujian waktu hancur tablet didapatkan data berikut hasil tercepat pada bentuk dodecahedron dengan pengadukan 1 menit yaitu 6 menit 14 detik, dan terlama pada bentuk cube dengan pengadukan 1 menit yaitu 14 menit 2 detik.

Keywords

Mesin mixer, sifat alir, uji kekerasan tablet, uji kerapuhan tablet, waktu hancur tablet, tetrahedron, cube, dodecahedron.

Full Text:

PDF

References

Khusnu, E., & Andrianto, D. (2021). Penentuan Kadar Parasetamol, Amonium Klorida, dan Batas Ketidakmurnian 4-Aminofenol dalam Obat Sirup Flu dan Batuk. Jurnal Sosial Sains, 2(1), 1–8.

Kusumo, N. N., & Mita, S. R. (2018). Review: Pengaruh Natural Binder Pada Hasil Granulasi Parasetamol. Farmaka, 14, 228–235.

Setyono, B., & Purnawiranita, F. A. (2021). Analysis of Flow Characteristics and Paracetamol Tablet Hardness Using 2D Double Mixer of Design Drum Type with Rotation and Mixing Time Variations. Journal of Mechanical Engineering, Science, and Innovation, 1(2), 38–48. https://doi.org/10.31284/j.jmesi.2021.v1i2.2282

NAFEI, M. F. (2021). Waktu Hancur Tablet Paracetamol Pada Rancangan Mixer 3D Ganda Otomasi Dengan.

Aulton, Michael. Pharmaceutics: The Science of Dosage Form Design. New York: Churcill livingstone, 1988.

United States Pharmacopoeia (Edisi ke 32). USA: United States Pharmacopeial Convention, 2009.

Parrot, E. (1970). Pharmaceutical Technology Fundamental Pharmaceutics. Burgess Publishing Company. United States of America.

Rhoihana, D. (2008). Perbandingan Availibilitas In Vitro Tablet Metronidazol Produk Generik dan Produk Dagang. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Lachman, L., Liebermen, H., dan Kanig, J. (1994). Teori dan Praktek Farmasi Industri. Edisi III. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (1979). Farmakope Indonesia.Edisi III. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.