Desain Full Body Harness Pekerja Tower Telekomunikasi

wijaya dwi saputra, Ningroom - Adiani

Abstract

Penggunaan perangkat keselamatan yang lengkap sangat dibutuhkan dalam suatu pekerjaan, termasuk dalam pemasangan tower yang berada diatas ketinggian. Penggunaaan full body harness sangat penting digunakan saat bekerja di ketinggian seperti ini, karena pekerjaan ini memiliki resiko keselamatan yang tinggi. Namun desain full body harness yang saat ini hanya berfokus pada harness untuk semua pekerjaan ketinggian. Tidak ada suatu full body harness yang dibuat khusus untuk para pekerja tower. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat full body harness dengan mempertimbangkan aspek ergonomis namun juga dapat memenuhi kebutuhan pekerjaan memasang tower. Tahap awal dari penelitian ini adalah mengobservasi kebutuhan konsumen (customer needs indentification) dengan melakukan wawancara mengenai penggunaan full body harness yang biasa mereka gunakan. Observasi dilakukan pada dua tempat yakni di CV. Putra Mandiri dan PT. Telkom Indonesia. tahap selanjutnya adalah menerjemahkan kebutuhan konsumen ke dalam proses perancangan produk. Seperti material yang digunakan, fitur yang ditambahkan, ukuran yang ergonomis, dan warna dan bentuk yang sesuai dengan konsumen yang didominasi pria dewasa. Sintesa didapatkan setelah dilakukan analisis kebutuhan, ergonomi, material, bentuk dan warna. Sintesa diwujudkan berupa gambar alternatif yang memuat komponen-komponen full body harness.

Keywords

Desain Produk,full body harness, perangkat keselamatan, tower telekomunikasi.

Full Text:

PDF

References

Teknoiot, “Tower Telekomunikasi, Jenis dan Perangkat Pendukungnya | TEKNOIOT.” https://www.teknoiot.com/tower-telekomunikasi-jenis-dan-perangkat-pendukungnya/ (accessed Apr. 13, 2022).

rianjayasafety.com, “3 Jenis Safety Harness dan Cara Pemakaiannya,” Nov. 17, 2017. https://rianjayasafety.com/jenis-jenis-body-harness-2/ (accessed Apr. 14, 2022).

yusuf nugroho doyo yekti, “Apa sih yang dimaksud dengan Ergonomi? - Yusuf Nugroho Doyo Yekti’s Blog,” Jun. 22, 2016. https://doyoyekti.staff.telkomuniversity.ac.id/apa-sih- yang-dimaksud-dengan-ergonomi/ (accessed Apr. 22, 2022).

“Antropometri Indonesia.” https://antropometriindonesia.org/index.php/detail/artikel/4/10/data_antropometri (accessed Jun. 21, 2022).

S. Belpas Hadiyanto, “Standard Bekerja Di Ketinggian berdasarkan Permenaker No 9 tahun 2016 – APKPI,” 2016. https://www.apkpi.co.id/standard-bekerja-di-ketinggian- berdasarkan-permenaker-no-9-tahun-2016/ (accessed Sep. 02, 2022).

ilmubangunan.com, “Pengertian Body Harness Safety dan 5 Jenis Safety Body Harness.” https://ilmubangunan.com/body-harness-safety/ (accessed Apr. 13, 2022).

A. Royke Vincentius F, “DESAIN SARANA BAWA PEKERJA BANGUNAN UNTUK AKTIVITAS KETINGGIAN DI SAMARINDA Royke,” 2015.

N. Adiani, C. Mardiana, and A. Faisal, “Desain Grafis Totebackpack Anti Air Untuk Pria,” Pros. Semin. Teknol. …, pp. 4–8, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.itats.ac.id/stepplan/article/view/794%0Ahttps://ejournal.itats.ac.id/steppla n/article/download/794/679.

ilham choirul anwar, “Mengenal Penelitian Kualitatif: Pengertian dan Metode Analisis,” Jan. 22, 2021. https://tirto.id/mengenal-penelitian-kualitatif-pengertian-dan-metode- analisis-f9vh (accessed Sep. 02, 2022).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.