Studi Koordinasi Proteksi pada Sistem Kelistrikan di PT. Terminal Teluk Lamong Menggunakan Metode Neural Network

Trisna Wati, Tirtantyo Ridzwansyah

Abstract

PT. Terminal Teluk Lamong adalah salah satu industri dalam skala besar, merupakan  anak dari PT. Pelindo III, Perusahaan ini bergerak dalam bidang jasa pelayanan mempunyai fasilitas otomatis. Pada tahun 2020 terjadi gangguan sebanyak 20 kali pada sistem kelistrikan  yang  mengakibatkan  overcurrent  fasa PLN bernilai kecil kurang dari standart 0,2-0,3 detik (sehingga akan trip pada pada waktu 0,355 detik untuk overcurrent fasa) dampak dari gangguan  tersebut dapat mengakibatkan terhentinya operasi dan  memberikan  kerugian yang cukup besar. Dengan demikian  untuk mengatasi banyaknya gangguan tersebut, maka untuk mendapatkan setting arus lebih yang tepat pada sistem koordinasi proteksi  (Overcurrent relay) pada sistem kelistrikan PT. Terminal Teluk Lamong pada penelitian ini menggunakan sebuah metode algoritma Neural Network, Nilai simulasi dari koordinasi rele arus lebih kemudian dibandingkan dengan setting konvensional menggunakan ETAP. Perbandingan hasil simulasi algoritma Neural Network menghasilkan error yang sangat kecil dari 10 kali training and tasting. Nilai yang digunakan berdasarkan pemilihan jumlah neuron dengan mempertimbangkan nilai Mean Squared Error (MSE) terkecil dari seluruh jumlah neuron yang diuji yaitu 3.50e-03 (Ip) dan 3.003e-06 (Tds).

Keywords

koordinasi sistem proteksi; rele arus lebih waktu; Neural Network;Time Delay Setting

Full Text:

PDF

References

D. E. Rofianto, E. A. Zuliari, and T. Wati, “Analisa Perencanaan Pemasangan Differential Relay Pada PT.Bramindo Niaga Pratama,” Pros. Semin. Nas. Sains Dan Teknol. Terap., vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Sep. 2019.

Y. S. W. Utomo, M. Pujiantara, A. Musthofa, and J. A. R. Hakim, “Analisa Penggunaan Superconducting Fault Current Limiter (SFCL) Untuk Melindungi Peralatan di PT Pindo Deli,” vol. 4, no. 2, p. 7, 2015.

A. N. An Nisa, M. Marwan, and A. R. Idris, “Analisis sistem proteksi di PT. PLN (Persero) sektor pembangkitan kendari unit PLTD Wua Wua,” TEKNO, vol. 29, no. 2, p. 177, Nov. 2019, doi: 10.17977/um034v29i2p177-189.

A. P. Pawigo, R. B. M. Gozali, and S. B. Masmachofari, “Analysis of Overcurrent Release Protection In Feeder System Using Algorithm Neural Network,” vol. 1, p. 14, 2021.

M. Thoeurn, A. Priyadi, A. Tjahjono, and M. H. Purnomo, “Overcurrent relay modeling using artificial neural network,” in 2017 International Electrical Engineering Congress (iEECON), Pattaya, Thailand, Mar. 2017, pp. 1–4. doi: 10.1109/IEECON.2017.8075794.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.