Implementasi Metode Single Exponential Smoothing untuk Aplikasi Sales Forecasting pada Toko Oleh-Oleh AYP

Jakfar Agil Rando Musriyanto, Ruli Utami

Abstract

Toko oleh-oleh AYP merupakan toko yang menjual berbagai macam olahan makanan khas daerah sebagai buah tangan wisatawan baik itu lokal ataupun mancanegara. Namun, terdapat masalah dalam pengelolaan data terutama dalam penjualan dan penyetokan cemilan, sehingga dibutuhkan sebuah aplikasi sales forecasting untuk membantu pemilik usaha menghitung prediksi jumlah persediaan jajanan yang harus disediakan untuk menunjang kelancaran penjualan berikutnya secara detail, tertata, dan terperinci. Aplikasi yang diusulkan akan menerapkan metode single exponential smoothing. Setelah melakukan penelitian dan evaluasi pada aplikasi sales forecasting pada toko oleh-oleh AYP dengan mengambil sampel data penjualan bakiak original menggunakan metode single exponential smoothing, dapat disimpulkan bahwa hasil forecast yang telah diuji menggunakan beberapa nilai α menunjukkan bahwa parameter yang menghasilkan nilai MAPE  terkecil adalah α  0.9 dengan hasil forecast pada periode ke 13 di bulan Januari 2021 dengan nilai forecast sebesar 236,14 dan besaran MAPE 3.84%.

Keywords

Sales Forecasting, Penjualan, Single Exponential Smoothing, MAPE

Full Text:

PDF

References

Muchtadi, T.R., Purwiyatno, Ahza A.A. (1988). Teknologi Pemasakan Ekstrusi. Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi. Institut Pertanian Bogor.

Nasution, Arman Hakim. (2008). Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Edisi Kedua. Surabaya: Prima Printing.

Agus. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Makridakis. (1999). Metode dan Aplikasi Peramalan Edisi 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Utami, R., Maulana, M. W. I. (2020). Visualisasi Prediksi Kunjungan Wisatawan Mancanegara Menggunakan Model Time Series. JOUTICA (Journal of Informatic Unisla), 5(2), 356-362. doi:10.30736/jti.v5i2.436.

Jatmiko, Y. A., Rahayu, R. L., dan Darmawan, G. (2017). Perbandingan Keakuratan Hasil Peramalan Produksi Bawang Merah Metode Holt-Winters dengan Singular Spectrum Analysis (SSA). Jurnal Matematika "MANTIK", 3(1), 13-22.

Sitorus, Lamhot. (2015). Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: Andi.

Utami, R., & Atmojo, S. (2017). Implementasi Metode Triple Exponential Smoothing Additive Untuk Prediksi Penjualan Alat Tulis Kantor (ATK) pada “ X Stationery .” Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan V, 25–30.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.